Penelitian Baterai dan Inftrastruktur Pengisian Kendaraan Listrik Terus Digenjot

Penelitian Baterai dan Inftrastruktur Pengisian Kendaraan Listrik Terus Digenjot
Tribunnews.com SPKLU di Jakarta
Editor: Admin Teras Bisnis —Senin, 19 Juli 2021 13:09 WIB

TERASJABAR.ID - Guna mendukung sarana dan prasarana, infrastruktur pendukung kendaraan listrik, Kementerian Perindustrian telah melakukan beberapa penelitian terkait pengembangan baterai dan inftrastruktur pengisian listrik.

Berbagai penelitian tersebut dilakukan karena sesuai dengan program yang ditetapkan dalam Prioritas Riset Nasional (PRN).

Kepala Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan Kebijakan Industri Kemenperin Heru Kustanto, menyampaikan beberapa contoh penelitian yang saat ini difokuskan antara lain hasil rekayasa dari Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) dalam teknologi pembuatan baterai untuk sepeda motor listrik dalam bentuk pouch.

LIHAT JUGA:






View this post on Instagram











A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


"Dari sisi penggerak, BBLM telah melakukan retrofitting motor listrik sebagai dapur pacu kendaraan listrik," terang Heru, Senin (19/7/2021).

Sementara untuk mengatasi penanganan limbah akibat penggunaan baterai kendaraan listrik, Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri (BPTPPI) Semarang telah melakukan riset circular economy baterai kendaraan listrik.

Selanjutnya, Baristand Industri Surabaya yang merupakan unit teknis BSKJI Kemenperin dengan kompetensi inti di bidang industri elektronika agar turut mendukung serta berkontribusi dalam program akselerasi program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBL-BB) di Tanah Air.

TONTON JUGA:

Dukungan yang diberikan antara lain dengan merancang infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk sepeda motor listrik.

Dalam upaya membantu percepatan program KBLBB, Baristand Industri Surabaya telah melakukan rancang bangun infrastruktur berupa SPKLU untuk sepeda motor listrik. SPKLU merupakan infrastruktur yang sangat vital dalam implementasi KBL-BB.

"Adanya berbagai inisiatif tersebut, diharapkan dapat mendorong upaya aktif dari dunia industri, akademisi dan asosiasi dalam negeri untuk mendukung Indonesia dalam menyongsong era kendaraan listrik," ungkapnya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan sebagai upaya berkontribusi pada program tersebut, Kemenperin terus melakukan industrialisasi KBL-BB, sekaligus turut melakukan riset untuk pengembangan komponen, infrastruktur pendukung, hingga penanganan limbah baterai kendaraan listrik.

"Saat ini industrialisasi KBL-BB di Indonesia telah membentuk ekosistem penyiapan infrastruktur yang sudah mulai bergerak dengan melibatkan para pemangku kepentingan, diharapkan nantinya industri KBL-BB akan menjadi sektor unggulan," jelas Agus.

BACA JUGA:Pegawai Nonaktif: KPK Harus Berhenti Cari Alasan untuk Tak Buka Hasil TWK

Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin, Doddy Rahadi, menuturkan optimalisasi program KBLBB memerlukan dukungan sarana dan prasarana baik fasilitas produksi untuk kendaraan itu

sendiri maupun infrastruktur pendukungnya.

“Kemenperin terus mendorong percepatan program kendaraan bermotor hemat energi dan ramah lingkungan untuk transportasi jalan dalam rangka ketahanan energi, peningkatan efisiensi energi, dan konservasi energi di sektor transportasi," ucap Doddy.

Hal ini sekaligus dapat mendukung terwujudnya energi bersih, kualitas udara bersih dan ramah lingkungan, serta komitmen Indonesia dalam menurunkan emisi gas rumah kaca.

(SUMBER TRIBUNJABAR.ID)


Kendaraan Listrik Kementrian Perindustrian PRN


Loading...