TNI-Polri Upayakan Evakuasi 2 Jenazah Anggota MIT di Jurang Sedalam 50 Meter

TNI-Polri Upayakan Evakuasi 2 Jenazah Anggota MIT di Jurang Sedalam 50 Meter
(Foto: dokumentasi Puspen TNI)
Editor: Admin Hot News —Selasa, 13 Juli 2021 15:46 WIB

TERAS JABAR - Satuan gabungan TNI-Polri berupaya mengevakuasi dua jenazah anggota kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso setelah dua hari sebelumnya berjibaku dengan sulitnya medan Pegunungan Tokasa, Desa Tanalanto, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parimo, Sulawesi Tengah.

Wadansatgassus Koopsgabsus Tricakti Letkol Inf Romel J Wardhana memimpin langsung proses evakuasi tersebut. Tim menggunakan alat angkut udara Helikopter Caracal TNI AU.

"Pengangkatan dua jenazah dari jurang pada kedalaman lebih dari 50 meter," tutur Romel dalam keterangannya, Selasa (13/7/2021).

LIHAT JUGA :

Menurut Romel, tim berupaya menggunakan hoist crane dan basket stretcher sambil menentukan titik final approach untuk mempercepat evakuasi.

"Jajaran Koopsgabsus Tricakti bersama prajurit TNI dan Polri di lokasi hingga Selasa pagi terus berupaya untuk mengevakuasi dua jenazah teroris MIT dari TKP, termasuk dibantu masyarakat yang tinggal di sekitar Pegunungan Tokasa, yang secara spontan sukarela untuk membantu proses evakuasi jenazah," jelasnya.

Romel berharap usaha kali ini dapat berhasil sehingga kedua jenazah bisa segera dievakuasi dan diberangkatkan ke RS Bhayangkara Polda Sulawesi Tengah untuk proses identifikasi dan autopsi.

TONTON JUGA :

Medan yang Sempit

Pilot Helikopter Caracal TNI AU Letkol PNB Imanuel Simarmata menambahkan, sempitnya medan serta lebatnya hutan semakin menyulitkan manuver helikopter saat mencari posisi aman untuk hover.

"Faktor alam bervariasi dengan lembah yang dikelilingi vegetasi pohon rapat, lebatnya hutan dan lembah yang cukup terjal tertutup serta tebing sangat curam di sepanjang rute evakuasi turut menghambat proses evakuasi," kata Imanuel.

BACA JUGA :

Ledakan Varian Delta Sudah Menyebar ke Luar Pulau Jawa

(Sumber,Liputan6.com)

Evakuasi 2 jenazah Jurang Sedalam 50 meter


Loading...