Menkes Sebut Vaksin Covid-19 Sinophram Hibah UEA Tak Akan Dijual Kimia Farma

Menkes Sebut Vaksin Covid-19 Sinophram Hibah UEA Tak Akan Dijual Kimia Farma
(Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Editor: Admin Hot News —Selasa, 13 Juli 2021 13:23 WIB

TERAS JABAR - Rencana vaksin Covid-19 berbayar menimbulkan berbagai kritikan. Salah satunya kritik bahwa vaksin yang digunakan Cansino dan Sinopharm adalah hasil hibah dari negara sahabat.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan, vaksin Covid-19 hibah Sinophram dari Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) tidak akan digunakan untuk skema gotong royong atau dijual oleh BUMN.

"Saya ingin memastikan di sini bahwa 500 ribu vaksin Sinopharm, dan akan tambah lagi 250 ribu hibah pribadi dari raja UEA ke Presiden Jokowi, tidak dijual oleh Kimia Farma," kata Menkes Budi dalam rapat bersama Komisi IX DPR secara daring, Selasa (13/7/2021).

LIHAT JUGA :







View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


Semula, kata Budi, vaksin Covid-19 Sinophram akan digunakan untuk jemaah haji, namun karena gelaran haji 2021 di Tanah Air batal maka akan dialihkan ke difabel yang berada di zona merah.

"Kami sangat hati-hati mengeluarkan dan minta arahan Pak Presiden, dan arahan Presiden adalah vaksin ini tadinya mau dipakai untuk haji, tapi karena haji tidak jadi, sudah diarahkan ke difabel. Jadi sebagai jatah pribadi Presiden," ucap Budi.

TONTON JUGA :

Target Vaksinasi

Selain itu, keputusan adanya vaksin gotong royong, menurutnya agar tercapai target vaksinasi nasional. Selain itu pengadaan vaksin Sinopharm juga tidak menggunakan APBN.

"Vaksin gotong royong ini juga merupakan opsi, tidak harus, tetap semua rakyat bisa mendapatkan akses ke program vaksinasi gratis dan vaksinnya pun ditetapkan hanya Sinopharm dan Cansino, tidak akan berbenturan dengan vaksin program. Dan diskusinya waktu itu juga disampaikan bahwa karena ini biayanya ditanggung individu, ini dapat dapat meringankan beban APBN," tandas Menkes Budi.

BACA JUGA :

Pemkot Tangerang Sediakan Isi Ulang Oksigen Gratis untuk Warga

(Sumber,Liputan6.com)

Vaksin Covid Tidak Akan Di jual Kimia Farma


Loading...