Jarang-jarang Erdogan Telepon Presiden Israel, Bahas Apa?

Jarang-jarang Erdogan Telepon Presiden Israel, Bahas Apa?
(Foto: AFP/ADEM ALTAN)
Editor: Kian Santang Hot News —Selasa, 13 Juli 2021 10:56 WIB

Terasjabar.id - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara dengan Presiden baru Israel, Isaac Herzog dalam pembicaraan telepon yang jarang terjadi antara kedua negara yang kerap bersitegang itu.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Selasa (13/7/2021), kepresidenan Turki menyatakan percakapan via telepon itu dilakukan Erdogan pada hari Senin (12/7) waktu setempat.

Percakapan via telepon dilakukan setelah Erdogan, seorang pendukung vokal perjuangan Palestina selama 18 tahun pemerintahannya, mengadakan pembicaraan pada hari Sabtu (10/7) dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas.

LIHAT JUGA:







View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


Kepresidenan Turki menyatakan, dalam pertemuan itu, Erdogan mengatakan kepada Abbas bahwa Turki "tidak akan tinggal diam terhadap penindasan Israel di Palestina."

Ketika konflik berkecamuk di Gaza awal tahun ini, Erdogan menuduh Israel melancarkan "terorisme" dan berjanji untuk mengerahkan dunia untuk mempertahankan wilayah itu.

Kepresidenan Turki menyatakan, dalam percakapan teleponnya dengan Herzog, Erdogan menekankan "pentingnya" hubungan Turki-Israel untuk keamanan dan stabilitas di Timur Tengah.

Erdogan juga menggarisbawahi penekanan Turki untuk melanjutkan dialog meskipun ada perbedaan pendapat.

Erdogan mengatakan kepada Herzog bahwa masyarakat internasional mengharapkan "solusi dua negara yang permanen dan komprehensif untuk konflik Palestina-Israel dalam kerangka resolusi PBB."

Erdogan juga mengatakan ada potensi tinggi untuk kerja sama antara kedua negara di bidang-bidang termasuk energi, pariwisata, dan teknologi.

Menurut kantor berita Turki, Anadolu Agency, Direktorat Komunikasi Turki mengatakan bahwa Erdogan juga memberi selamat kepada Herzog atas pelantikannya sebagai presiden.

Herzog pun menyinggung soal percakapan via telepon dengan Erdogan itu dalam sebuah posting di Twitter.








"Saya berbicara beberapa jam yang lalu dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan dari Turki, yang menelepon untuk memberi selamat kepada saya atas posisi saya sebagai Presiden Negara Israel," tulis Herzog dalam cuitannya.

"Kami berdua menekankan bahwa hubungan Israel-Turki sangat penting bagi keamanan dan stabilitas di Timur Tengah. Kami sepakat untuk melanjutkan dialog guna meningkatkan hubungan antar negara kami," katanya.


(sumber:detik.com)

Erdogan Turki Presiden Israel


Loading...