Lantik Perwira TNI-Polri, Jokowi: Tanggung Jawab Saudara Sangat Besar

Lantik Perwira TNI-Polri, Jokowi: Tanggung Jawab Saudara Sangat Besar
(Biro Pers Sekretariat Presiden)
Editor: Mfakhrezi Hot News —Selasa, 13 Juli 2021 09:43 WIB

TERAS JABAR : - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik 700 perwira remaja TNI-Polri dalam upacara Prasetya Perwira TNI dan Polri, Selasa (13/7/2021). Pelantikan digelar di halaman Istana Merdeka Jakarta, pukul 08.00 WIB.

Berdasarkan pantauan dari Youtube Sekretariat Presiden, upacara dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat karena situasi pandemi Covid-19. Hanya penerima Adhi Makayasa saja yang hadir langsung dalam pelantikan ini sementara perwira lainnya mengikuti upacara secara virtual.

Adhi Makayasa adalah penghargaan tahunan yang diberikan untuk lulusan terbaik perwira dari setiap matra TNI dan Polri. Mulai dari, Matra Darat, Matra Udara, Matra Laut, dan Matra Kepolisian.

LIHAT JUGA :







View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


Untuk tahun ini, Adhi Makayasa jatuh kepada Sermatutar Septian Haryono Pasaribu dari Akademi Angkatan Darat (AAD), Sermatutar Always Giving Hamonangan Tiris dari Akademi Angkatan Laut (AAL). Kemudian, Sermatutar Laode Abdul Muis dari Akademi Angkatan Udara (AAU), dan Brigtar Hary Indrajati dari Akademi Kepolisian.

Jokowi mengatakan, tanggung jawab besar menunggu para perwira remaja yang baru saja dilantik. Pasalnya, mereka harus menjaga dan melindungi Pancasila dari gelombang luar, serta menjaga toleransi antar bangsa Indonesia.

"Tanggung jawab saudara-saudara sangat besar, saudara-saudara harus melindungi Pancasila dari benturan gelombang ideologi dari luar. Saudara harus menjaga Bhinneka Tunggal Ika, menjaga toleransi antar anak bangsa," kata Jokowi.

TONTON JUGA :

Pegang teguh kode etik

Tak hanya itu, para perwira remaja TNI-Polri juga harus terus menjaga persatuan dalam keragaman Indonesia. Di samping itu, Jokowi mengingatkan perwira TNI-Polri agar selalu memegang teguh kode etik dan jati diri sebagai perwira.

"Junjung kehormatan dan kecintaan sebagai perwira TNI dan Polri. Pelihara kekompakan antara sesama perwira TNI dan Polri dengan tetap menghormati fungsi dan tugas masing-masing dan melangkahlah ke gelanggang pengabdian dengan tegar dan optimisme," kata Jokowi

BACA JUGA :

Angka Kematian Akibat COVID-19 Tinggi, Stok Peti Jenazah di Karawang Menipis

(Sumber,Liputan6,com)

Lantik JOKOWI TNIPolri


Loading...