Gerakan Sedekah Oksigen, Keluarga Pasien Covid-19 Bisa Kontak Call Center IZI Jabar

Gerakan Sedekah Oksigen, Keluarga Pasien Covid-19 Bisa Kontak Call Center IZI Jabar
Dok. IZI Jabar IZI Jabar menyalurkan bantuan peminjaman tabung oksigen dalam program Sedekah Oksigen kepada keluarga pasien yang membutuhkan di Rumah Singgah IZI Jabar, Jalan Jurang, Kota Bandung, Min
Editor: Admin Teras Bandung —Selasa, 13 Juli 2021 08:25 WIB

TERASJABAR.ID-Meski baru beberapa hari, program Sedekah Oksigen yang digagas Yayasan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Barat sudah menunjukkan hasil. Berkat gerakan tersebut, sejumlah warga terbantu.

Dihubungi melalui telepon, Senin (12/7/2021), Kepala Perwakilan IZI Jabar, Dian Mardiana, mengatakan program Sedekah Oksigen ini baru mereka mulai, Kamis (8/7/2021).

LIHAT JUGA:





View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


Karena masih baru, ketersediaan tabung oksigen mereka juga belum banyak, hanya sepuluh tabung berukuran satu kubik.

"Alhamdulillah sampai saat ini sebanyak empat keluarga sudah dapat kami bantu," ujar Dian.

Ia mengatakan, sejak layanan program tersebut dibuka, animo masyarakat, khususnya keluarga pasien Covid-19 untuk meminjam tabung cukup tinggi. Namun, mencari tabung oksigen, hari-hari ini bukan sesuatu yang mudah.

"Karena itu, kami juga membuka donasi tabung oksigen yang mungkin dimiliki masyarakat di rumah dan tidak sedang terpakai, biar nanti kami bantu penjemputan dan proses pengisiannya," ucapnya.

TONTON JUGA:


Bagi masyarakat atau keluarga pasien yang ingin meminjam tabung oksigen, sebut Dian, dapat mengakses layanan program sedekah oksigen dengan menghubungi call center IZI Jabar di nomor Call Center 0813-1222-9593 (ibu Yuli) atau mendatangi langsung rumah singgah IZI Jabar di Jalan Jurang No. 93 Pasteur, Kota Bandung. 

Dian menuturkan, meskipun layanan peminjaman ini gratis, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan oleh calon peminjam atau pihak keluarga pasien.

Satu di antaranya menitipkan e-KTP asli serta melampirkan surat keterangan dari puskesmas atau rumah sakit mengenai kondisi pasien.

BACA JUGA:Pemerintah Menyiapkan Skenario Perpanjangan Masa PPKM Darurat Hingga Lebih dari Satu Bulanar.tribun

"Keluarga pasien yang membutuhkan tabung oksigen dapat menghubungi layanan call center kami, atau datang langsung ke rumah singgah IZI Jabar dengan membawa surat keterangan, dan memastikan bahwa tabung oksigen ini dipergunakan untuk proses pemulihan pasien atau pasien yang sedang isoman," ujar Dian.

Dian menambahkan, bila kebutuhan oksigen bagi pasien dinilai masih kurang dari tabung yang dipinjam, pihak keluarga dapat kembali meminjam tabung oksigen lain yang masih tersedia atau mengisi ulang tabung secara mandiri di agen atau distributor terdekat dengan tempat tinggalnya masing-masing.

"Jadi tidak harus selalu dikembalikan dulu ke kami, kecuali kalau memang kebutuhannya sudah selesai digunakan. Untuk batas peminjaman tabung oksigen, itu rata-rata hanya seminggu, tapi ada juga beberapa di antaranya yang lebih dari itu karena kondisi tertentu dari pasien," ujarya. 

Untuk peminjaman yang lebih dari seminggu, mereka mempersilakan. "Hanya harus ada pemberitahuan kepada kami," katanya. (*)

(SUMBER TRIBUNJABAR.ID)

Sedekah Oksigeb IZI Jabar Pasien Covid


Loading...