Bantuan Oksigen dari Singapura Tiba di Tanjung Priok 14 Juli

Bantuan Oksigen dari Singapura Tiba di Tanjung Priok 14 Juli
(merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Editor: Mfakhrezi Hot News —Senin, 12 Juli 2021 09:55 WIB

TERAS JABAR  - Menteri Luar Negeri RI (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, Indonesia menerima berbagai tawaran bantuan berupa oksigen konsentrator, obat-obatan, hingga peralatan medis dari negara-negara sahabat. Adapun bantuan tabung oksigen dan oksigen konsentrator dari Singapura diperkirakan tiba di Indonesia pada 14 Juli 2021.

"Hari ini dukungan dari Singapura melalui jalur laut sudah berangkat dari Singapura. Menurut rencana, akan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok tanggal 14 Juli yang akan datang yang antara lain berisi oksigen konsentrator dan oksigen silinder," kata Retno dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (11/7/2021).

LIHAT JUGA :







View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


Ini merupakan bantuan kedua yang diterima Indonesia dari Singapura. Indonesia sebelumnya menerima sejumlah peralatan kesehatan yang terdiri dari 200 ventilator, 756 tabung oksigen cylinder, 600 oxygen concentrators, dan beragam kebutuhan APD untuk penanganan Covid-19, Jumat 9 Juli 2021.

"Apresiasi kami atas dukungan dan kerja sama yang diberikan Singapura dan Australia. Solidaritas kerja sama adalah kunci agar dunia segera lepas dari pandemi ini secara bersama," jelas Retno.

Di samping itu, dia menyampaikan Indonesia juga telah menerima dukungan tawaran pengiriman vaksin Covid-19 tahap kedua dari Jepang. Bantuan yang sama datang dari Belanda, Inggris, Australia dan Uni Emirat Arab.

"Jutaan vaksin dari jalur pengadaan komersial maupun dari dukungan internasional dan bilateral direncanakan akan tiba pada bulan Juli ini," ucap Retno.

TONTON JUGA :

Singapura Akan Terus Bantu Indonesia

Sebelumnya, Singapura menyatakan akan terus mendukung dan membantu Indonesia dalam situasi sulit seperti saat ini. Bantuan itu diharapkan dapat membantu penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Kita tahu varian Delta menular dengan sangat cepat dan tentunya kita berharap agar Indonesia bisa segera mampu mengendalikan kasus penularannya," kata Menlu Singapura Vivian dikutip dari siaran pers, Jumat 9 Juli 2021.

Dia juga mengapresiasi Indonesia yang di awal pandemi memberikan bantuan berupa perlengkapan untuk membangun tempat isolasi pasien COVID-19 di Singapura.

Dubes RI untuk Singapura Suryo Pratomo menyatakan, dalam situasi yang sulit dengan peningkatan kasus Covid-19 tinggi, yang paling dibutuhkan adalah sahabat sejati.

"Singapura menunjukkan sebagai sahabat sejati bagi Indonesia. Bukan hanya Pemerintah Singapura yang begitu cepat memberikan bantuan, tetapi juga perusahaan serta masyarakat Singapura yang terpanggil untuk memberikan bantuan bagi penanganan COVID-19 di Indonesia," kata Dubes Tommy.

BACA JUGA :

Bima Arya Ungkap Rumah Sakit di Kota Bogor Krisis Oksigen

(Sumber,Liputan6.com)

BantuanOksigen Singapura TanjungPriok


Loading...