Harga Vaksinasi Covid-19 Berbayar di Kimia Farma Bandung Rp 879.140, Begini Cara Daftarnya

Harga Vaksinasi Covid-19 Berbayar di Kimia Farma Bandung Rp 879.140, Begini Cara Daftarnya
Dok. Summarecon Peserta dicek tekanan darah terlebih dahulu pada kegiatan vaksinasi Covid-19 di Summarecon Bandung, Sabtu, (10/7)
Editor: Indra Teras Bandung —Senin, 12 Juli 2021 08:37 WIB

TERASJABAR.ID- Untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 demi tercapainya herd immunity, PT Kimia Farma mulai menyediakan vaksin Covid-19 berbayar yang bisa diakses warga. 

Pemberlakuan vaksinasi Covid-19 berbayar atau vaksin gotong royong Individu ini diberlakukan berdasarkan  Permenkes Nomor 19 Tahun 2021 tentang Tentang perubahan kedua atas Permenkes Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19. 

LIHAT JUGA:






View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


gu Pasal 1 ayat 5 Permenkes Nomor 19 Tahun 2021 menyebut:

Vaksinasi gotong royong adalah pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada individu/orang perorangan yang pendanaannya dibebankan kepada yang bersangkutan, atau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada karyawan/karyawati, keluarga atau individu lain terkait dalam keluarga yang pendanaannya ditanggung atau dibebankan pada badan hukum/badan usaha. 

Adapun bagi masyarakat yang hendak mendapat vaksinasi Covid-19 berbayar ini bisa dilakukan dengan tiga cara.

Pertama, melalui contact/call centre Kimia Farma di nomor 1-500-255. Kedua, melalui website www.kimiafarmaapotek.co.id, kemudian akan diarahkan melalui koneksi nomor WhatsApp. Ketiga, pendaftaran vaksinasi berbayar bisa melalui aplikasi Kimia Farma (KF) Mobile yang dapat diunduh melalui Play Store dan App Store.

Namun pendaftaran lewat Kimia Farma Mobile baru bisa dilakukan mulai Kamis (15/7/2021) karena alasan masih proses penyempurnaan.

Adapun pendaftaran kepesertaan akan mencakup penentuan waktu dan lokasi vaksinasi berbayar. Calon peserta dapat menentukan waktu dan tempat yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Daftar Klinik yang Melayani Vaksinasi Covid-19 Berbayar

* Jakarta KF Senen, kapasitas 200 orang per hari

* Jakarta KF Pulogadung, kapasitas 200 orang per hari

* Jakarta KF Blok sM, kapasitas 100-200 orang per hari

TONTON JUGA:

* Bandung KF Supratman (drive thru), kapasitas 200 orang per hari

* Semarang KF Citarum, kapasitas 100 orang per hari

* Solo KF Sukoharjo, kapasitas 500 orang per hari

* Surabaya KF Sedati, kapasitas 200 orang per hari

* Bali KF Batubulan, kapasitas 100 orang per hari.

Harga Vaksinasi Covid-19 Berbayar

Aturan mengenai harga vaksin gotong royong tertuang di dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/Menkes/4643/2021 tentang Penetapan Besaran Harga Pembelian Vaksin Produksi Sinopharm Melalui Penunjukkan PT Bio Farma (Persero) dalam Pelaksanaan Pengadaan Vaksin Covid-19 dan Tarif Maksimal Pelayanan Untuk Pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong.

Di dalam aturan tersebut dijelaskan, harga pembelian vaksin produksi Sinopharm tersebut sebesar Rp 321.660 per dosis.

Selain itu, ada pula tarif maksimal pelayanan vaksinasi sebesar Rp 117.910 per dosis. Untuk pelaksaan vaksinasi sendiri, setiap penerima bakal mendapatkan dua kali dosis vaksin.

Artinya, harga vaksin berbayar yang harus dibayarkan per individu adalah sebesar Rp 879.140 untuk dua kali dosis vaksin.

Tanggapan Pemerintah soal Vaksinasi Covid-19 Berbayar

Pemerintah melalui Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi memastikan, meski ada vaksinasi COvid-19 berbayar, warga negara masih bisa mendapatkan vaksin virus corona dengan gratis.

BACA JUGA:Harga dan Cara Mendapatkan Vaksin Berbayar, di Bandung Mulai Dijual Hari Ini, 200 Orang Per Hari

"Vaksinasi Gotong Royong individu ini sifatnya hanya sebagai salah satu opsi untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi. Sifatnya tidak wajib dan juga tidak menghilangkan hak masyarakat untuk mendapatkan vaksin gratis lewat program vaksinasi dari pemerintah," kata Siti Nadia Tarmizi.

Adapun untuk vaksinasi Covid-19 berbayar, akan menggunakan vaksin Sinopharm. Sedangkan program vaksinasi Covid-19 oleh pemerintah menggunakan Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax.
(SUMBER TRIBUNJABAR.ID)

Vaksinasi Kimia Farma Bandung


Loading...