Kegagalan Inggris di Adu Penalti

Kegagalan Inggris di Adu Penalti
(Foto: Getty Images/Paul Ellis - Pool)
Editor: Kian Santang Sport Style —Senin, 12 Juli 2021 08:24 WIB

Terasjabar.id - Gareth Southgate bertanggung jawab penuh atas kegagalan Inggris di adu penalti pada final Piala Eropa 2020. Keputusannya dalam menunjuk penendang jadi petaka.

Inggris harus memupus mimpi mereka meraih gelar Piala Eropa untuk pertama kalinya. Tim Tiga Singa tumbang 2-3 lewat adu penalti dari Italia di Wembley dalam final Euro 2020, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Duel ini harus ditentukan di babak tos-tosan setelah imbang 1-1 hingga babak adu penalti tuntas.

Inggris sebenarnya membuka laga dengan baik usai unggul cepat di menit ke-2 lewat Luke Shaw. Namun, Italia kemudian mampu menyetarakan angka dari gol Leonardo Bonucci di menit ke-67.

Pada babak adu penalti, Italia memastikan kemenangan usai tiga penendang Inggris gagal yaitu Marcus Rashford, Jadon Sancho serta Bukayo Saka. Sementara di kubu Gli Azzurri hanya Andrea Belotti dan Jorginho eksekutor yang tak mampu menjalankan tugasnya.

Keputusan pelatih Inggris, menunjuk Rashford, Sancho, Saka menjadi penendang ini mendapat banyak sorotan. Rashford dan Sancho baru bermain di menit ke-118 pada babak perpanjangan waktu.

Untuk Saka, Southgate dianggap terlalu berani memilih pemain Arsenal ini mengemban tugas berat sebagai penendang kelima Inggris. Pasalnya, Saka masih berusaha 19 tahun dan minim pengalaman di laga internasional.

Southgate menegaskan bertanggung jawab sepenuhnya terkait kegagalan Inggris di adu penalti. Ini karena dirinya yang punya kuasa penuh menentukan penendang. Ia tak ingin pemain yang gagal mendapat banyak tekanan.

"Ini semua murni di tangan saya. Saya memutuskan penendang penalti berdasarkan apa yang telah mereka lakukan dalam latihan, dan tidak ada yang berdiri sendiri," ujar Southgate dikutip dari Guardian.

"Kami menang bersama sebagai sebuah tim, dan itu tanggung jawab kami semua karena tidak bisa memenangkan pertandingan malam ini. Namun soal penalti, panggillah saya. Itu tanggung jawab sepenuhnya ada pada saya," jelasnya.

(sumber:detik.com)

Sports Bola Inggris


Loading...