Jelang Iduladha 1442 H, Kesehatan 14 Ribu Hewan Kurban di Bandung Barat Diperiksa

Jelang Iduladha 1442 H, Kesehatan 14 Ribu Hewan Kurban di Bandung Barat Diperiksa
Ilustrasi (Tirto.ID : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 11 Juli 2021 15:03 WIB

Terasjabar.id - Menjelang Iduladha 1442 Hijriah, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai memeriksa kesehatan 14 ribu ekor hewan kurban.

Pemeriksaan hewan kurban sebelum disembelih untuk sapi dan kambing ini dilakukan di setiap lapak penjual hewan kurban, di kandang sejumlah peternak, dan pasar hewan.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Disnakan KBB, Wiwin Aprianti, mengatakan pemeriksaan hewan kurban meliputi pemeriksaan fisik yakni pemeriksaan umur yang bisa dilihat dari gigi, pemeriksaan mata, buah zakar hewan, cuping hidung, dan bulu.

"Kami mulai melakukan pemeriksaan terhadap 11 ribu ekor hewan kurban dengan rincian sekitar 4 ribu ekor sapi dan sisanya kambing," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (11/7/2021).

Pemeriksaan tersebut, kata Wiwin, karena semua hewan kurban yang akan disembelih harus memenuhi syariat islam, terutama harus cukup umur, tubuh segar, buah zakar seimbang, mata jernih, dan bulu bersih.

"Untuk umur kambing harus di atas satu tahun, kalau sapi di atas dua tahun. Cirinya dilihat dari gigi, satu pasang tidak lepas atau renggang," kata Wiwin.

Dalam pemeriksaan hewan kurban tahun ini, kata Wiwin, Disnakan KBB menurunkan 40 petugas dan menargetkan pemeriksaan hewan kurban harus bisa selesai satu hari sebelum Iduladha.

Selain memeriksa hewan kurban, Disnakan KBB juga menyosialisasikan tentang kesehatan hewan kepada penjual maupun peternak hewan agar kondisinya tetap sehat sebelum disembelih.

"Satu bulan sebelum Iduladha, kami sudah menyarankan kepada mereka agar hewan kurban diberikan obat cacing agar setelah dipotong semua organ tubuhnya bisa dikonsumsi oleh masyarakat," ucapnya.

Saat hari Iduladha nanti, Disnakan KBB juga akan memeriksa bagian dalam hewan sesudah pemotongan atau posmortem untuk memastikan dagingnya layak dikonsumsi.


Disadur dari TRibunjabar.id

Idul Adha 1442 H Kabupaten Bandung Barat Disnakan Hewan Kurban Pandemi Covid-19


Loading...