Waduk Darma Penuhi Syarat Bakteriologi dan Kimia

Waduk Darma Penuhi Syarat Bakteriologi dan Kimia
Editor: Epenz Teras Kuningan —Minggu, 11 Juli 2021 11:00 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Perairan Waduk Darma Kuningan yang diuji untuk pelanggan dipastikan sudah steril artinya sebagian besar sudah memenuhi syarat bakteriologi maupun kimia.

Hal Itu disampaikan Direktur PAM Tirta Kamuning Kuningan H Deni Erlanda, SE, M.Si didampingi Anto Riyanto Kepala Divisi Pelayanan Pelanggan saat diwawancarai di ruang kerjanya, Jumat (9/07-2021).

Gambar

Terkait pencemaran air di bendungan Waduk Darma sebagai dampak Keramba Jaring Apung (KJA), masalah kualitas air setiap saat selalu di cek, baik oleh internal PAM dan dipastikan melalui uji "Labkesda". Itu merupakan keharusan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan yang setiap bulannya harus uji bakteriologi dan Koli secara berkala diuji kimiawi (kadar besi, seng dsbnya). Dalam upaya antisifasi secepatnya nanti ada pengerukan untuk pendangkalan dari pencemaran, papar H Deni Erlanda.

Sementara itu, wilayah yang dilayani dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Waduk Darma terang Anto, antara lain sebagian Kecamatan Darma (Desa jagara), Kec. Nusaherang (Kertawirama dan Nusaherang), sebagian Kecamatan Kuningan yaitu, (Ciporang dan Ancaran), Kecamatan Sindangagung, sebagian Kec. Garawangi dan wilayah pelayanan Kec. Luragung. Sedangkan untuk konsumen jalur Darma ditambah dari mata air Darmaloka.

Gambar
Ihwal air dari Waduk Darma ini lanjut Anto, hasilnya sudah diatas standar yang ditetapkan. Namun terkadang mungkin dilapangan ada saja yang belum sesuai, papar dia.
"Insya Allah, air bersih untuk pelanggan sesuai hasil uji laboratorium air yang di uji dipelanggan sebagian besar sudah memenuhi syarat baik secara bakteriologi maupun kimia,".


Konsumen yang dilayani dari IPA Darma kurang lebih 7.000 konsumen Sudah memenuhi syarat standar yang ditetapkan Air dari Darma kita olah di Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang dibubuhi oleh bahan kimia untuk mengolah menjadi air bersih, karena air yang kita ambil dari Waduk Darma maksimal kapasitas produksi kita hanya 80 liter/detik dengan estimasi hanya untuk 7.000 pelanggan, pungkas dia. (H Aboy)

Perairan Waduk Darma Kuningan Pandemi Covid-19 Kimia Bakteriologi IPA


Loading...