Kemensos Perluas Dapur Umum ke Bogor, Yogyakarta, dan Denpasar Saat PPKM Darurat

Kemensos Perluas Dapur Umum ke Bogor, Yogyakarta, dan Denpasar Saat PPKM Darurat
Mensos Risma memberikan Sambutan Secara Virtual dalam rangka Peringatan Hari Pekerja Sosial Sedunia Tahun 2021 (16/03/2021)
Editor: Admin Hot News —Sabtu, 10 Juli 2021 14:11 WIB

TERAS JABAR - Menteri Sosial Tri Rismaharini menginstruksikan kepada jajarannya untuk memperluas pelayanan dapur umum. Mulai hari Jumat, 9 Juli 2021, Kementerian Sosial melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam mempersiapkan aktivasi dapur umum di tiga kota, yakni Kabupaten Bogor, Kota Yogyakarta, dan Kota Denpasar.

Risma menyatakan, penambahan dapur umum disesuaikan dengan wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yakni di Jawa-Bali. Dengan pendirian dapur umum, diharapkan dapat membantu kebutuhan permakanan bagi tenaga kesehatan, petugas penjaga penyekatan PPKM baik TNI, Polri, dan Satpol PP di sekitar DKI dan wilayah penyangga Ibu Kota DKI Jakarta.

Saya sudah perintahkan untuk adanya penambahan dapur umum di Kabupaten Bogor, Kota Yogyakarta dan Kota Denpasar. Sesuai dengan wilayah pemberlakuan PPKM Darurat,” katanya dalam keterangan tulis, dikutip Sabtu (10/7/2021).

Tiga dapur umum yang segera beroperasi yakni di Kabupaten Bogor, Kota Yogyakarta dan Kota Denpasar, nantinya akan didirikan di balai-balai milik Kemensos. Risma menyatakan, sudah ada beberapa elemen masyarakat termasuk dunia usaha yang menyatakan minatnya untuk berkontribusi.

7 Dapur Umum

Dengan demikian, total ada tujuh dapur umum Kemensos yang telah beroperasi membantu kebutuhan makanan siap saji untuk tenaga kesehatan. Yakni di Kantor Kemensos, TMPNU Kalibata Jakarta, Bandung, Surakarta, Kabupaten Bogor, Kota Yogyakarta dan Kota Denpasar. 

Risma juga meninjau proses penyediaan makanan siap saji di Dapur Umum Kemensos di Gedung Konvensi Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta.

Ia mengecek kesiapan operasional dapur umum dalam membantu kebutuhan makanan siap saji bagi tenaga kesehatan. Mantan wali kota Surabaya itu blusukan dengan menanyakan kesiapan bahan masakan seperti sayuran dan daging. Dia juga tampak ikut mengolah bahan masakan ke dalam wajan besar.

Dalam kesempatan tersebut Risma menyatakan, dapur umum di TMPNU Kalibata memproduksi rata-rata sebanyak 10 ribu paket makanan siap saji dan 10 ribu butir telur rebus setiap hari. 

“Distribusi makanan ke rumah sakit daerah di Kabupaten Bogor, Bekasi dan Tangerang,” katanya.

(Sumber,Liputan6.com)

PPKM BOGOR DENPASAR


Loading...