Mengantisipasi Lonjakan Covid-19, RSUD Lubukbasung Tambah 15 Tempat Tidur

Mengantisipasi Lonjakan Covid-19, RSUD Lubukbasung Tambah 15 Tempat Tidur
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 9 Juli 2021 14:26 WIB

Terasjabar.id  - Guna mengantisipasi lonjakan Covid-19, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menambah 15 tempat tidur.

"Ada 15 tempat tidur kita siapkan di ruangan instalasi rawat inap yang baru selesai dibangun pada 2020," kata Direktur RSUD Lubukbasung, Syahrizal Antoni, dilansir dari Antara, Jumat (9/7/2021).

Ia mengatakan, saat ini pihaknya telah menyediakan lokasi tempat tidur di ruangan itu. Sedangkan tempat tidur itu merupakan persediaan yang tidak terpakai dan penambahan lokasi tempat tidur ini bakal dilakukan apabila kasus positif bertambah.

"Kita akan menambah tempat tidur baru dengan pola fleksibel, apabila ada penambahan kasus, maka akan ditambah," katanya.

Ruangan instalasi rawat inap dengan dua lantai dapat menampung 60 tempat tidur. Di ruangan itu juga telah disiapkan peralatan berupa oksigen, obat-obatan dan seluruh peralatan pasien Covid-19 sesuai dengan diaknosanya.

Selain itu, pihaknya menyediakan 10 orang perawat, dokter spesialis paru, dokter umum, dokter spesialis penyakit dalam dan lainnya untuk dua lokasi isolasi.

"Kita juga memasang Closed Circuit Television (CCTV) dan spanduk larangan masuk ke lokasi itu. Biaya untuk melengkapi peralatan itu berasal dari RSUD dan APBD Agam," katanya.

Saat ini RSUD Lubukbasung merawat 41 pasien Covid-19 dari kapasitas tempat tidur di ruangan isolasi hanya 30 orang.

"Jumat (9/7/2021) pagi masih banyak pasien Covid-19 dan pasien tanpa gejala yang masuk ke Instalasi Gawat Darurat (IGD)," katanya.

Ia mengimbau masyarakat agar mematuhi protokoler kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas dan lainnya.

"Mohon sekali patuhi protokol kesehatan ini, karena kami sangat kewalahan dalam melayani pasien Covid-19," tukasnya.

Disadur dari Suara.com 

Pandemi Covid-19 Sumbar RSUD Lubukbasung Kabupaten Agam


Loading...