Pelemparan Gereja Samarinda Bermotif Sakit Hati, Bukan SARA

Pelemparan Gereja Samarinda Bermotif Sakit Hati, Bukan SARA
cnn indonesia
Editor: Dani Ramdani Hot News —Jumat, 9 Juli 2021 12:02 WIB

Terasjabar.id-- Polisi menyebut pelemparan batu ke Gereja Sidang Jemaat Kristus di Samarinda, Kalimantan Timur, tak berkaitan dengan isu suku, agama, ras dan antar golongan (SARA). Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Samarinda Kompol Andika Dharma Sena motif SARA tersebut tak tergambar dari hasil penyelidikan awal yang dilakukan usai menangkap dua terduga pelaku. "Tidak ada kaitan dengan isu SARA, tapi sakit hati," kata Andika saat dikonfirmasi, Jumat (9/7).


Dia menjelaskan bahwa salah seorang terduga pelaku pelemparan itu merasa kecewa lantaran tak diberikan izin menggunakan listrik gereja untuk keperluan berjualan. Salah seorang pelempar batu itu merupakan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sekitar gereja. Dia membuka usaha minuman dingin dan memerlukan pemakaian listrik. "Minta disambungkan listrik gereja, kemudian yang bersangkutan juga membayar. Cuma kemudian dari gereja ada pertimbangan-pertimbangan sehingga tak diberikan," tambah dia.Sakit hati, terduga pelaku yang belum dibeberkan identitasnya ini kemudian melempar gereja dengan batu. Dia mengajak salah seorang kerabatnya untuk melakukan aksi tersebut bersama.

Namun demikian, hingga saat ini belum diketahui secara rinci mengenai momen yang menyulut aksi tersebut dapat dilakukan. Polisi juga belum menjabarkan secara rinci mengenai kronologi penangkapan terduga pelaku. Hingga saat ini, status hukum dari orang yang diamankan juga belum diumumkan. Baca juga: 7 Anak Ditetapkan Tersangka Perusakan Makam di Solo "Sedang kami dalami dulu ya. Kami periksa dulu semuanya," tandas dia. Aksi pelemparan itu diketahui terjadi pada Kamis (8/7) dini hari sekitar pukul 03.30 WITA. Akibat peristiwa ini, dilaporkan sejumlah fasilitas gereja mengalami kerusakan. Berdasarkan rekaman CCTV, diduga pelaku berjumlah dua orang. Kedua pelaku terlihat membawa batu-batuan sebesar genggaman orang dewasa dan langsung melempari bagian depan gereja.

FOLLOW JUGA:







View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)



(CNN INDONESIA)

gereja pelemparan gereja


Loading...