Tercemar Larutan Zat Kimia KJA Di Waduk Darma Ditertibkan

Tercemar Larutan Zat Kimia KJA Di Waduk Darma Ditertibkan
Editor: Epenz Teras Kuningan —Kamis, 8 Juli 2021 15:09 WIB

Kuningan,Terasjabar.id - Larutan Zat Kimia yang menumpuk dari sisa pakan ikan keramba yang mengendap di Waduk Darma Kab. Kuningan, adalah salah satu penyebab tercemarnya air. Dampaknya praktis mencemari kualitas air Waduk Darma. Demikian ditegaskan Sekda Kuningan DR H Dian Rachmat Yanuar, M.Si. saat dikonfirmasi terkait tercemarnya perairan Waduk Darma kepada awak media. Rabu (7/07/2021).

Untuk mengantisifasi pencemaran air ini, kata Dian harus mencari solusi. Masalahnya selain zat kimia ternyata banyak sampah yang menumpuk, ungkapnya.

Lebih jauh Dian menjelaskan bahwa, fungsi perairan Waduk Darma itu bukan sungai melainkan bendungan. Untuk itu kita harus memperhatikan perputaran air yang sebagai penyebab perputaran air menjadi lambat. Dalam upaya menjaga kualitas lingkungannya, maka harus ada penertiban ratusan keramba terapung. Solusinya dengan membatasi jumlah keramba, agar tidak lagi tercemar menympuknya sisa-sisa zat kimia dan zat berbahaya lainnya, tegasnya.

Gambar

"Sementara itu, sebagai langkah kongkrit akan dibentuk Tim penataan Keramba Jaring Apung (KJA) dengan Roadmap dan target yang jelas, serta melibatkan stake holders yang terkait. Penataan ini ditargetkan bisa rampung tahun 2022," terangnya.

Terpisah, perwakilan Camat Darma atas nama Pemerintah mengapresiasi dan mendukung penataan KJA di Waduk Darma. Pihaknya siap bekerja sama dengan semua pihak khususnya pihak yang terkait penertiban keramba jaring apung (KJA) ini. (H Aboy)

Larutan Zat Kimia Sisa Pakan Ikan Waduk Darma Tercemar Sekda Kuningan Kabupaten Kuningan


Loading...