BPBD Penyuluhan Bencana Kegiatan TMMD Ke-111

BPBD Penyuluhan Bencana Kegiatan TMMD Ke-111
Editor: Epenz Teras Kuningan —Kamis, 8 Juli 2021 13:34 WIB

Kuningan,Terasjabar.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, memberikan penyuluhan kepada masyarakat, tentang penanggulangan dan kesiapsiagaan bencana alam dalam kegiatan sasaran non fisik TMMD ke - 111 TA. 2021 Kodim 0615/Kuningan di Desa Jamberama, Kec. Selajambe, Kuningan, Rabu (7/7/2021).

Kalaka Kabupaten Kuningan Indra Bayu melalui Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kuningan, Heru Hermawan mengatakan, tujuan edukasi ini agar masyarakat memiliki kesiapan saat harus menghadapi bencana yang sewaktu-waktu dapat datang tanpa diduga.

“Selain itu diharapkan, agar masyarakat lebih siap, dan memiliki keterampilan dalam membantu penanganan serta manajemen bencana,” ujarnya.

Lebih jauh Heru memaparkan, tentang manajemen kebencanaan yang dimulai dari tahap pra bencana, tanggap darurat, dan pasca bencana, termasuk isi dari tas siaga bencana.

Terkait penanggulangan bencana, pihak desa setempat agar membentuk relawan-relawan yang siap siaga bencana. Pasalnya, dengan manajemen yang baik maka jika terjadi bencana dapat meminimalisir korban dan semua bisa ditangani dengan baik, papar dia.

"Dengan pembentukan organisasi tanggap bencana di desa-desa terutama yang mengalami bencana alam, diharapkan saat terjadi bencana alam, para relawan sudah mengetahui tugasnya masing-masing. Salah satu contoh adalah relawan yang ditugaskan di bagian dapur umum, evakuasi, pendirian tenda, pengamanan desa dan jalur evakuasi," paparnya.

Menurut Heru, bencana bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, namun juga tanggung jawab semua pihak termasuk masyarakat. Oleh karena itu, kesiapsiagaan akan berjalan lancar jika pelatihan penanggulangan bencana secara periodik dilakukan, pungkasnya.

Danramil Ciniru Letda Inf Waris selaku koordinator kegiatan, menuturkan, dengan diadakannya penyuluhan ini berharap masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaannya akan bencana yang dimungkinkan dapat terjadi kapan saja dan mendorong kesadaran masyarakat untuk siaga menjadi relawan bencana, sehingga dapat mengurangi jumlah kerugian baik material maupun jiwa akibat bencana.

“Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaannya akan bencana yang dimungkinkan dapat terjadi kapan saja, sehingga dapat mengurangi jumlah kerugian baik material maupun jiwa,” tuturnya. (H Aboy)

BPBD TMMD Ke-111 PAndemi Covid-19 Kabupaten Kuningan Kec Selajambe Bencana Alam


Loading...