5 Keputusan Wasit Danny Makkelie yang Jadi Kontroversi di Laga Semifinal Euro 2020 Antara Inggris Vs Denmark

5 Keputusan Wasit Danny Makkelie yang Jadi Kontroversi di Laga Semifinal Euro 2020 Antara Inggris Vs Denmark
Bola.net
Editor: Malda Sport Style —Kamis, 8 Juli 2021 09:19 WIB

Terasjabar.id -- Sejumlah kontroversi mewarnai kemenangan timnas Inggris atas Denmark pada semifinal Euro 2020 (Euro 2021) di Stadion Wembley, Kamis (8/7) dini hari WIB. Pada pertandingan krusial tersebut Inggris menang dramatis 2-1 atas Denmark lewat babak tambahan hingga lolos ke babak final Euro 2020 untuk melawan Italia.

The Three Lions tertinggal lebih dahulu lewat tendangan bebas spektakuler Mikkel Damsgaard pada menit ke-30. Tendangan bebas itu tidak saja melengkung dengan indah, tetapi juga meluncur deras sehingga tidak bisa diantisipasi kiper Jordan Pickford.

Akan tetapi sembilan menit kemudian Inggris bisa mencetak gol balasan setelah kapten Denmark Simon Kjaer mencetak gol bunuh diri pada menit ke-39 karena gagal mengantisipasi umpan silang Bukayo Saka. Inggris akhirnya berhasil memastikan kemenangan lewat rebound Harry Kane dari penaltinya sendiri pada penit ke-104 di babak tambahan. Meski demikian dalam jalannya kemenangan Inggris atas Denmark pada semifinal Euro 2020 terdapat sejumlah kontroversi yang mendapat protes dari kedua tim.

Berikut 5 kontroversi duel Inggris vs Denmark pada semifinal Euro 2020:

1. Backpass

Para Inggris lebih dahulu protes kepada wasit Danny Makkelie lantaran kiper Kasper Schmeichel menangkap bola yang dianggap backpass dari rekannya sendiri. Peristiwa itu terjadi pada awal laga, tepatnya di menit ketiga.

2. Kane Dilanggar

Sebelum Denmark melakukan protes terhadap penalti Inggris, para pemain Inggris juga sudah melakukan protes ketika Harry Kane dilanggar Christian Norgaard pada menit ke-74. Dalam tayangan ulang, kaki kanan Kane tampak dijegal Norgaard. Wasit Makkelie meniup peluit untuk melihat VAR, namun kemudian memutuskan tidak ada pelanggar dan Inggris tidak mendapat penalti.

3. 2 Bola

Kontroversi yang paling disorot adalah penalti Inggris pada babak tambahan ketika Raheem Sterling dianggap dilanggar Joakim Maehle pada menit ke-102.Sebelum pelanggaran itu terjadi, tedapat dua bola di dalam lapangan. Selain bola yang digiring Sterling, ada lagi bola lain di dekat sudut lapangan di sektor kiri pertahanan Denmark. Akan tetapi, wasit dan hakim garis tidak menghentikan pertandingan karena bola kedua itu dianggap tidak mengganggu permainan.

4. Penalti Inggris Kontroversi selanjutnya adalah keputusan wasit Makkelie memberi Inggris penalti. Dalam tayangan ulang terlihat kontak antara Sterling dengan Maehle sangat minim.

5. Sinar Laser

Saat Harry Kane bersiap melakukan tendangan penalti, kiper Denmark Kasper Schmeichel menjadi korban sinar laser berwarna hijau oknum suporter Inggris. Gangguan itu tidak membuat Schmeichel kehilangan fokus. Kiper Leicester City itu berhasil memblok penalti Kane, namun gagal mengantisipasi bola rebound.(CNNIndonesia)

EURO 2020 Viral Stadion Wembley Denmark italia Inggris


Loading...