Dokter Novilia Sjafri Bachtiar, Pejuang Vaksin yang Meninggal karena Covid-19

Dokter Novilia Sjafri Bachtiar, Pejuang Vaksin yang Meninggal karena Covid-19
Ketua Uji Klinis Vaksin Covid-19, Novilia Sjafri Bachtiar.(Dok BIO FARMA)
Editor: Indra Teras Bandung —Kamis, 8 Juli 2021 09:17 WIB

TERASJABAR.ID-Ketua Uji Klinis Vaksin Covid-19 Sinovac dari Bio Farma, dr Novilia Sjafri Bachtiar meninggal dunia,Rabu (7/7/2021). Sebelum meninggal, almarhumah yang diketahui juga sebagai seorang akademisi di Universitas Padjajaran (Unpad) tersebut sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Santosa akibat terinfeksi Covid-19.

LIHAT JUGTA:






View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Dandi Supriadi mengaku sangat kehilangan sosok Novilia. Pasalnya, almarhumah dianggap sangat berjasa dalam penanganan pandemi yang terjadi saat ini.

"Beliau adalah salah seorang pejuang kesehatan yang sangat berjasa dalam mengatasi pandemi ini, terutama dalam hal pengujian klinis vaksin," kata Dandi dikutip dari Antara.

 "Semoga jejak jasa yang ditinggalkan beliau menjadi inspirasi bagi kita semua, dan hasil jerih payahnya tersebut menjadi manfaat bagi kita dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini," kata Dandi.

TONTON JUGA:

 Menurut Dandi, jenazah almarhumah dimakamkan di Cimahi dengan menggunakan protokol kesehatan. "Dr Novilia sudah dimakamkan tadi siang di Cimahi, dekat kediamannya dengan menggunakan protokol Covid-19," kata Dandi. Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir juga menyampaikan duka cita atas meninggalnya dr Novilia Sjafri Bachtiar.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Minta Perusahaan dan Industri Taati Peraturan PPKM Darurat

, Dimakamkan dengan Protokol Covid-19 Menurutnya, almarhumah adalah kepala dari puluhan uji klinis yang dilakukan oleh Bio Farma. Termasuk juga uji klinis vaksin Covid-19 kerjasama dengan Sinovac yang hasilnya saat ini telah disuntikkan ke puluhan juta orang di Indonesia. "Kepergian beliau sungguh kehilangan yang luar biasa besar bagi kami keluarga BUMN dan juga Indonesia. Insya Allah apa yang dilakukan menjadi amal ibadah beliau, dan bisa terus menjadi manfaat bagi bangsa," ungkapnya.
(SUMBER KOMPAS.COM)

Pejuang Vaksin Sinovac Bandung


Loading...