Suhu Udara di Bandung Saat Ini terasa Lebih Dingin, Ini Kata BMKG Bandung

Suhu Udara di Bandung Saat Ini terasa Lebih Dingin, Ini Kata BMKG Bandung
Ilustrasi suhu di Bandung dingin
Editor: Admin Teras Bandung —Kamis, 8 Juli 2021 08:49 WIB

TERASJABAR.ID-Berdasarkan pantauan cuaca di Stasiun Geofisika Bandung, suhu udara minimum pada Kamis (8/7/2021) tercatat 17,4 C°, lebih dingin dibandingkan normal suhu minum Bandung pada Juli yaitu 17,6 °C.

Prakirawan Cuaca BMKG Bandung, Yuli Yulianti, mengatakan adanya peristiwa suhu udara dingin di bulan Juli adalah hal yang normal. 

LIHAT JUGA:






View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


Hal ini, katanya, disebabkan oleh faktor musim dingin di Australia. Di Jabar, ucapnya, sedang berlangsung periode musim kemarau yang membuat sirkulasi angin yang menuju Jawa Barat dari benua Australia yang bersifat dingin dan kering.

"Gerak semu matahari ke utara bumi mengakibatkan kita yang berada di selatan bumi kehilangan sumber panas sehingga suhu udaranya menjadi lebih dingin," katanya melalui siaran tertulis, Kamis (8/7/2021).

Selain itu, kata Yuni,suhu dingin disebabkan karakteristik udara musim kemarau, kurangnya uap air karena musim kemarau. 

TONTONJUGA:

Dampaknya adalah panas dari permukaan bumi pada saat malam hari langsung terlepas ke lapisan lebih tinggi, sehingga tidak ada panas yang tersimpan dekat permukaan bumi. Akibatnya, pada pagi hari udara terasa lebih dingin.

"Kondisi dingin yang kita rasakan saat ini adalah siklus normal yang berulang tiap tahun. Tetap menjaga kesehatan, selalu ingat Prokes 5M dan jangan lupa Bahagia," katanya.

BACA JUGA:Pakai Masker di Dagu, Sopir Truk Didenda: Maaf Pak Hakim, Saya Sedang Merokok

Yuni mengatakan kondisi dingin pada pagi hari merupakan hal yang berulang setiap tahun pada periode musim kemarau.

(SUMBER TRIBUNJABAR.ID)

Suhu Udara BMKG KotaBandung


Loading...