Cuaca Pagi di Bandung Lebih Dingin, Begini Penjelasan BMKG

Cuaca Pagi di Bandung Lebih Dingin, Begini Penjelasan BMKG
Ilustrasi (merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Teras Bandung —Kamis, 8 Juli 2021 08:46 WIB

Terasjabar.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung memberikan penjelasan terkait cuaca pagi yang belakangan lebih dingin dari hari-hari biasanya. Kondisi cuaca pagi di Kota Bandung dan sekitarnya diakui memang lebih dingin dari kondisi biasanya namun masih dalam tahap normal.

Prakirawan BMKG Bandung, Yuni Yulianti mengatakan berdasarkan pantauan cuaca di Stasiun Geofisika Bandung suhu minimum pada Kamis (8/7) tercatat 17,4 derajat celcius. Cuaca pagi hari ini lebih dingin dibandingkan dengan kondisi normal suhu minimal di Bandung pada bulan Juli yaitu 17,6 derajat celcius.

"Adanya peristiwa suhu dingin di bulan Juli merupakan hal yang normal," ujarnya melalui keterangan pers yang diterima, Kamis (8/7).

Ia menuturkan, penyebab cuaca dingin di pagi hari karena sedang terjadi musim dingin di Australia. "Saat ini sedang berlangsung periode musim kemarau dimana sirkulasi angin yang menuju Jawa Barat berasal dari benua  Australia yang bersifat dingin dan kering," katanya.

Yuni melanjutkan, terjadi gerak semu matahari yang bergerak ke utara bumi sehingga mengakibatkan wilayah yang berada di selatan Bumi kehilangan sumber panas. Kondisi tersebut menyebabkan suhu udara menjadi lebih dingin.

Ia menambahkan, penyebab lainnya yaitu karakteristik udara musim kemarau yaitu kurangnya uap air disebabkan musim kemarau yang berdampak panas dari permukaan bumi yang dilepaskan pada saat malam hari langsung terlepas ke lapisan lebih tinggi. Kondisi itu membuat tidak terdapat panas yang tersimpan dekat permukaan bumi.

"Maka pada pagi hari udara akan terasa lebih dingin. Kondisi dingin yang kita rasakan saat ini adalah siklus normal yang berulang setiap tahun," katanya.

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan serta menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 seperti memakai masker, menjaga jarak. Mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan meminimalisasi mobilitas.

Disadur dari Repjabar

BMKG Bandung Cuaca Pagi Dingin


Loading...