Mary Simon Ditunjuk Sebagai Gubernur Jenderal Kanada

Mary Simon Ditunjuk Sebagai Gubernur Jenderal Kanada
BBC
Editor: Dani Ramdani Hot News —Rabu, 7 Juli 2021 08:46 WIB

Terasjbar.id -- 

Kanada menunjuk Mary Simon sebagai gubernur jenderal. Simon menjadi pribumi pertama yang menjabat sebagai perwakilan resmi Ratu Elizabeth II di negara Persemakmuran tersebut.

"Hari ini, setelah 154 tahun, negara kita mengambil langkah bersejarah," kata Perdana Menteri Justin Trudeau dalam konferensi pers, dikutip AFP, Selasa (6/7).

"Saya tidak bisa memikirkan orang yang lebih baik untuk bertemu saat ini."

Simon adalah mantan jurnalis, diplomat, dan pembela hak asasi Inuit atau penduduk asli Amerika yang tinggal di Kanada dan Alaska. Ia juga menjabat sebagai presiden Inuit Tapiriit Kanatami, organisasi Inuit nasional Kanada.
Pengangkatannya sebagai wakil raja muda, yang bertanggung jawab untuk memberikan persetujuan kerajaan atau membuat tindakan yang disahkan oleh undang-undang parlemen serta memimpin militer Kanada, terjadi pada periode yang sulit dalam hubungan negara itu dengan bangsa-bangsa pertama di Kanada atau First Nations.Simon juga pemimpin Konferensi Lingkar Inuit, yang mewakili Inuit di semua negara Arktik, dan duta besar Inuk pertama Kanada di Denmark.

Penemuan lebih dari 1.000 kuburan tidak bertanda di bekas sekolah perumahan penduduk asli telah mengguncang Kanada, memicu kemarahan dan kesedihan di masyarakat adat.

Sampai tahun 1990-an, sekitar 150.000 anak muda India, Inuit, dan Metis secara paksa terdaftar di 139 sekolah perumahan yang dijalankan oleh gereja Katolik atas nama pemerintah.

Simon menggantikan mantan kepala astronot Julie Payette yang mengundurkan diri pada Januari di tengah tuduhan pelecehan dan perilaku yang digambarkan dalam sebuah laporan sebagai "berteriak, menjerit, perilaku agresif, komentar merendahkan dan penghinaan publik."Lebih dari 4.000 siswa meninggal karena penyakit dan penelantaran. Tak sedikit yang menceritakan pelecehan fisik dan seksual oleh kepala sekolah dan guru yang melucuti budaya dan bahasa mereka.

Ketua Mahkamah Agung telah mengambil alih sebagian besar peran seremonial untuk sementara.

Gubernur jenderal Kanada diangkat oleh ratu atas rekomendasi perdana menteri.

Kepergian Payette yang tiba-tiba menyalakan kembali perdebatan tentang peran monarki di Kanada, dengan sedikit lebih dari setengah responden dalam jajak pendapat baru-baru ini mendukung penghapusan posisi gubernur jenderal.

"Ini adalah momen yang saya harap semua orang Kanada rasakan karena penunjukan saya mencerminkan kemajuan kolektif kita menuju pembangunan masyarakat yang lebih inklusif, adil dan setara," katanya.Simon, yang fasih berbahasa Inggris dan Inuktitut (bahasa Inuit utama di Kanada), mengatakan dia berharap dalam peran tersebut untuk menyatukan semua orang Kanada "untuk memahami sejarah unik kita, budaya unik kita, dan cara hidup kita."

FOLLOW JUGA:






View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)



(CNN INDONESIA)

mary simon kanada gubernur


Loading...