Jual Ulang PS5 dan Xbox Series X, Remaja 16 Tahun Raup Rp 24,5 M

Jual Ulang PS5 dan Xbox Series X, Remaja 16 Tahun Raup Rp 24,5 M
Foto: Istimewa
Editor: Kian Santang Teras Viral —Selasa, 6 Juli 2021 14:53 WIB

Terasjabar.id - Sejak diluncurkan akhir tahun lalu, PlayStation 5 dan Xbox Series X merupakan barang langka yang banyak dicari. Kelangkaan PS5 dan Xbox Series X kemudian dimanfaatkan banyak orang dengan menimbun dan menjual lagi konsol itu dengan harga lebih tinggi.

Salah satu orang yang memanfaatkan kondisi tersebut adalah Max Hayden, seorang remaja asal Amerika Serikat berusia 16 tahun. Dalam wawancara dengan Wall Street Journal, Hayden mengaku meraup USD 1,7 juta (Rp 24,5 miliar) dari hasil menjual PS5, Xbox Series X dan kartu Pokemon langka.

Perlu dicatat bahwa angka USD 1,7 juta tersebut merupakan total pendapatan yang diraup Hayden dari penjualan selama 18 bulan. Meski begitu, laba yang ia kantongi cukup besar yaitu USD 110.000 atau sekitar Rp 1,6 miliar.

TONTON JUGA:

Seperti dikutip dari GameRant, Selasa (6/7/2021) Hayden menjual PS5 dan Xbox Series X dengan harga USD 1.100 per unit. Padahal harga resmi kedua konsol ini adalah USD 500.

Karena sulitnya mencari PS5 dan Xbox Series X di peritel resmi, banyak gamer yang rela membayar lebih mahal untuk bisa memiliki dua konsol terbaru ini, apalagi saat ini katalog game yang ditawarkan semakin bertambah.

Selain menjual PS5, Xbox Series X dan kartu Pokemon, Hayden juga mengaku menjual sneaker dan barang lainnya yang sulit didapat saat ini.

Sony dan Microsoft selaku pembuat PS5 dan Xbox Series X juga telah menyadari kelangkaan konsol tersebut di pasaran, dan semakin diperparah oleh aksi para penimbun.

CEO PlayStation Jim Ryan turut mengungkap bahwa Sony sudah frustrasi menghadapi penimbun dan penjual ulang PS5. Ryan juga mengatakan Sony akan terus bekerjasama dengan peritel untuk memastikan stok PS5 yang ada agar bisa langsung sampai di tangan konsumen.

BACA JUGA: Berat Badan Pria Ini Naik 100 Kg Usai Habiskan Rp 11 Juta Sebulan Buat Jajan

Masalah stok PS5 dan Xbox Series X tidak hanya dipengaruhi oleh penimbun dan bot, tapi juga oleh kelangkaan chip yang dialami oleh banyak industri. Karena kelangkaan chip diperkirakan akan berlangsung sampai tahun depan, gamer yang sudah menanti untuk mendapatkan PS5 dan Xbox Series X harus lebih bersabar.

(sumber:detik.com)

Ekonomi Hiburan Remaja


Loading...