Cara Deteksi Penyekatan Jalan PPKM Darurat di Google Maps

Cara Deteksi Penyekatan Jalan PPKM Darurat di Google Maps
Foto: GettyImages
Editor: Admin Hot News —Selasa, 6 Juli 2021 10:39 WIB

Terasjabar.id - Penyekatan jalan dilakukan di sejumlah ruas di Jakarta maupun kota lain seiring resminya pemberlakuan PPKM Darurat di Jawa dan Bali pada 3 hingga 20 Juli 2021. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir mobilitas penduduk dengan harapan penularan virus Corona dapat ditekan.

Bagi yang kebingungan jalan mana saja yang terkena penyekatan, antara lain bisa dipantau dengan praktis melalui Google Maps. Caranya pun mudah. Cukup buka aplikasi Google Maps. Kemudian jika belum diaktifkan, klik fitur Layers di sebelah kanan layar. Terakhir, pilih Traffic di Maps Details.

Maka akan langsung muncul simbol khusus berupa lingkaran warna merah untuk menunjukkan jalan mana saja yang telah disekat di Google Maps. Contohnya adalah di bawah ini untuk area Jakarta Pusat.

Fitur ini sebenarnya bukan hal yang baru, sudah dibenamkan di Google Maps sejak beberapa tahun silam. Namun tidak sepanjang waktu fitur yang menunjukkan penyekatan jalan ditampilkan karena menurut website Google hanya tersedia selama krisis.

Laporan penyekatan jalan ke Google Maps ini juga diperbaharui secara berkala. Datanya didapatkan antara lain dari para user sendiri. Ya, pengguna Google Maps dapat berkontribusi melaporkan jika ada road closure atau penutupan jalan. Bagaimana cara melaporkannya?

HP iPhone
Buka Google Maps
Klik Explore, lalu Crisis lalu klik Report penutupan jalan
Klik jalan yang mau dilaporkan telah ditutup
Klik Next
Tulis info tambahan tentang penutupan
Klik panah Send

HP Android
Buka Google Maps
Klik Explore lalu Crisis lalu Report penutupan jalan
Klik jalan yang mau dilaporkan telah ditutup
Klik Next
Tulis info tambahan tentang penutupan
Klik Send

(sumber:detik.com)

PPKM indonesia informasi


Loading...