Aksi Emak-emak yang Bikin Video Bahwa Virus Corona Tidak Ada, Akhirnya Minta Maaf

Aksi Emak-emak yang Bikin Video Bahwa Virus Corona Tidak Ada, Akhirnya Minta Maaf
emak-emak di Padang meminta maaf [instagram] Akhirnya Minta Maaf, Emak-emak Ini Sebut Virus Corona Tidak Ada
Editor: Malda Teras Viral —Selasa, 6 Juli 2021 08:48 WIB

Terasjabar.id - Seorang emak-emak di Kota Padang, Sumatera Barat akhirnya meminta maaf atas video yang diunggah dan sempat viral di media sosial.

Emak-emak ini sebelumnya menyatakan virus Corona tidak ada dan ia tidak takut. Unggahan ini pun akhirnya viral di media sosial dan mendapatkan perhatian dari pihak kepolisian.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto mengatakan, pemeriksaan dilakukan pada Minggu (4/7/2021) malam. Emak-emak itu diperiksa selama 4 jam hingga Senin (5/7/2021) dini hari.

 "Saat ini yang bersangkutan statusnya masih sedang diperiksa," katanya, Senin (5/7/2021).

Menurut Satake, penyidik mengamankan perempuan tersebut dan memeriksa terkait pernyataan di video yang beredar.

Saat membuat video tersebut, perempuan itu baru kembali ke Kota Padang pada Jumat (2/7/2021) dan dibagikan dalam sebuah grup aplikasi WhatsApp.

Perempuan itu diperiksa terkait Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman pidana lima tahun kurungan.

Unggahan emak-emak di Padang, Sumatera Barat [instagram]
Unggahan emak-emak di Padang, Sumatera Barat [instagram]

Proses pemeriksaan berkaitan dengan pernyataan di dalam video dan diperiksa dengan pasal 45 a Jo pasal 28 undang-undang nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang ITE dan atau pasal 160 Jo 270.

Dalam video itu, emak-emak tengah makan di sebuah rumah makan Padang dan memperlihatkan jika di rumah makan tersebut sudah tidak menjalankan protokol kesehatan alias prokes.

Emak-emak tersebut memperlihatkan tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak antara satu sama lainnya.

Ia pun sempat menyebut tidak ada virus Corona di kota Padang, Sumatera Barat dan masyarakat tidak takut virus tersebut. Sempat juga ia mengajak agar netizen melawan pemerintahan saat ini, yang ia sebut pemerintahan jalim.

(Suara.com)

Padang Sumatera Barat Viral Virus Corona Media Sosial


Loading...