Persi: Bila Penuh, Jangan Panik dan Marah Sama Rumah Sakit

Persi: Bila Penuh, Jangan Panik dan Marah Sama Rumah Sakit
Dokter di rumah sakit darurat COVID-19 RS Pertamina Jaya Jakarta menggunakan alat pelindung diri (APD). - Antara/M. Risyal Hidayat Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Sejumlah Negara
Editor: Kian Santang Hot News —Senin, 5 Juli 2021 15:57 WIB

Terasjabar.id - Sekjen Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh indonesia (Persi) Lia Gardenia Partakusuma bahwa seluruh rumah sakit di Pulau Jawa hingga hari ini penuh akibat naiknya angka Covid-19.

Dia menjelaskan, pihaknya terus berupaya menangani pasien Covid-19.

"Semua rumah sakit hari ini nyaris penuh terutama di Jawa. Kami berterima kasih kepada Pak Menkes yang sudah banyak sekali memberikan bantuan berupa ketenagaan dan fasilitas lain," katanya dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI melalui virtual, Senin (5/7/2021).

TONTON JUGA:

Lia meminta seluruh masyarakat paham bahwa rumah sakit tak bisa merawat semua pasien Covid-19. Kecuali, yang bergejala ringan dan berat.

"Hanya mungkin kami mohon kiranya ada pengertian kepada masyarakat bahwa kita tidak bisa merawat semua pasien, kita hanya bisa merawat dengan gejala sedang, berat atau kritis," ungkap dia.

Lia meminta masyarakat tidak marah-marah jika rumah sakit penuh. Ia meminta masyarakat memahami kondisi rumah sakit, terlebih di tengah pandemi Covid-19.

"Bila penuh, jangan panik jangan marah marah sama rumah sakit, karena kita toh dalam kondisi siaga, tidak bisa kita melayani orang dengan marah marah," kata dia.

BACA JUGA:Hari Terakhir, ICW Desak Kejagung Ajukan Kasasi Vonis Pinangki

Terus Berupaya

Lia menambahkan, pihaknya tetap berupaya untuk mengurangi pasien positif Covid-19 dirumah sakit secara bermakna dan mencegah penularan. Jika pasien terus bertambah, maka rumah sakit akan kolaps.

"Kalau bertambah terus rumah sakit ini bukan tidak bisa, bagaimana cara kami bekerja dengan standar karena ini sudah terlalu banyak beban dan kita tidak tahu lagi menaruh pasien dimana," kata dia.

(sumber:liputan6)

rumah sakit covid corona


Loading...