Mulai Besok, Pasien Isoman DKI Bisa Dapat Vitamin dan Obat Gratis

Mulai Besok, Pasien Isoman DKI Bisa Dapat Vitamin dan Obat Gratis
(iStockphoto/NatchaS)
Editor: Admin Hot News —Senin, 5 Juli 2021 15:04 WIB

Terasjabar.id -Tak perlu panic buying stok obat dan vitamin. Kementerian Kesehatan mengungkap pasien COVID-19 tanpa gejala dan gejala ringan bisa mendapatkan telemedicine gratis. Ada paket obat hingga vitamin yang disediakan untuk pasien Corona isolasi mandiri.

Seluruh warga bisa mendapatkan akses telemedicine gratis dari kerja sama Kemenkes RI dengan 11 start-up. Namun, warga yang ingin mendapatkan akses tersebut harus memastikan melakukan tes COVID-19 di lab yang sudah terafiliasi Kemenkes RI.

"Masyarakat diimbau untuk melakukan pemeriksaan swab antigen hanya di lab yang terafiliasi dengan Kemenkes untuk memastikan (keasliannya). Jangan ambil dari luar," tutur Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers Senin (5/6/2021).

LIHAT JUGA:







View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


Telemedicine gratis ini akan mulai berlaku Selasa (6/6/2021) di DKI Jakarta bagi pasien Corona OTG dan gejala ringan yang menjalani isolasi mandiri. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut beberapa kriteria seperti berikut wajib menjalani isolasi mandiri.

  • Positif Corona dengan saturasi oksigen di atas 95 persen
  • Tidak ada riwayat sesak
  • Tidak ada komorbid


"Lebih baik diisolasi mandiri di rumah, karena terhindar dari exposure viral load yang tinggi di RS, secara emosional juga akan lebih tenang lebih baik sehingga imunitasnya terjaga," beber Menkes dalam kesempatan yang sama.

"Mulai besok 6 Juli semua pasien bisa mendapatkan akses dan pelayanan RS bisa kita prioritaskan untuk pasien gejala berat dan kritis," sambungnya.

Adapun paket yang disediakan adalah paket A dan paket B. Paket A berisi multivitamin untuk pasien Corona tanpa gejala, pasien B menerima paket obat-obatan meliputi:

BACA JUGA:Berakhir Juni 2021, Insentif Nakes Bakal Diperpanjang?

1. Multivitamin
2. Paracetamol
3. Oseltamivir
4. Azitromisin

Untuk pasien isolasi mandiri yang mendapatkan obat-obat keras seperti antivirus dan antibiotik, akan ada konsultasi terlebih dahulu melalui telemedicine. Jadi nggak boleh latah mencontek resepnya lalu beli antibiotik sendiri ya!


(sumber:detik.com)

corona covid indonesia kesehatan


Loading...