Berikut Beberapa Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Berikut Beberapa Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan
(CNN Indonesia : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Senin, 5 Juli 2021 14:36 WIB

Terasjabar.id -- Terlepas dari popularitasnya belakangan ini, air kelapa sesungguhnya telah dikonsumsi selama berabad-abad di daerah tropis seluruh dunia. Dalam pengobatan tradisional Ayurveda, air kelapa dipercaya dapat membantu pencernaan, buang air kecil, bahkan produksi air mani.

Air kelapa juga secara tradisional digunakan untuk mengobati dehidrasi dan diberikan sebagai hadiah dalam acara seremonial di seluruh daerah tropis. Meskipun bukan obat ajaib, berikut manfaatnya bagi kesehatan, dikutip dari Medical News Today, Senin (5/7).

1. Sports drink alami
Elektrolit alami air kelapa membuatnya sangat cocok untuk minuman olahraga tradisional, menyamai Gatorade (minuman penambah stamina). Banyak orang menggunakan air kelapa sebagai minuman olahraga yang alami karena tidak memiliki tambahan gula, pewarna makanan, atau pemanis buatan.

Penelitian menunjukkan, air kelapa dapat berfungsi sebaik minuman olahraga tradisional untuk membuat Anda tetap terhidrasi dan membantu mengisi kembali cairan tubuh setelah berlari. Namun, air kelapa memiliki lebih sedikit natrium, yaitu elektrolit utama yang hilang lewat keringat, daripada kebanyakan minuman olahraga.

Air kelapa juga memiliki lebih sedikit karbohidrat daripada banyak minuman yang dimaksudkan untuk performa daya tahan. Artinya, air kelapa mungkin tidak memberi Anda energi yang cukup untuk latihan dalam waktu lama (lebih dari 90 menit).

Akan tetapi, air kelapa dapat membantu Anda merehidrasi tubuh sesudahnya. Para peneliti juga merekomendasikan menghindari air kelapa dengan tambahan gula demi mencegah hidrasi yang tidak tepat dan menambah kalori yang tidak perlu.

2. Rendah kalori
Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, air kelapa adalah pengganti yang bagus untuk minuman berkalori tinggi, seperti soda atau jus, dengan hanya 45 kalori dalam takaran satu cangkir. Air kelapa memiliki lebih sedikit gula dan karbohidrat daripada kebanyakan jus. Cairan itu juga memiliki lebih banyak mineral dan elektrolit, seperti natrium dan kalium.

3. Kalium
Air kelapa memiliki lebih dari 10 kali jumlah potasium dari kebanyakan minuman olahraga. Sekiar 236 ml air kelapa setara dengan potasium di pisang.

Kebanyakan orang Amerika tidak memenuhi rekomendasi harian untuk potasium. Dengan 405 mg per cangkir, potasium dalam air kelapa dapat membantu Anda menangkal kram.

Sementara itu, Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, terutama saat berolahraga. Karena ada lebih banyak kalium daripada natrium dalam air kelapa, kalium dapat membantu menyeimbangkan efek natrium pada tekanan darah, dan bahkan mungkin membantu menurunkannya.

4. Kalsium dan magnesium
Kalsium sangat penting, tak hanya untuk tulang dan gigi yang kuat. Kalsium membantu otot berkontraksi dan bekerja dengan baik.

Saat Anda berolahraga, otot-otot menarik tulang dan memecahnya sedikit. Saat tubuh Anda pulih, tulang menggunakan kalsium untuk menjadi lebih kuat dan diperbaiki.

Magnesium membantu memindahkan kalsium dan kalium ke dalam otot untuk membantu kontraksi dan relaksasi. Magnesium juga membantu produksi energi dan mendukung fungsi organ.

Latihan keras dapat membuat Anda kekurangan magnesium dan rentan terhadap kram, otot tegang, dan kejang. Sementara air kelapa mengandung lebih banyak kalsium dan magnesium daripada minuman olahraga atau jus buah lainnya, cairan itu bukan sumber mineral yang terkonsentrasi. Air kelapa mengandung kurang dari 5 persen dari jumlah kalsium dan magnesium yang direkomendasikan.

6. Asam amino
Asam amino sangat penting untuk memperbaiki jaringan dan merupakan bahan pembangun protein. Air kelapa mengandung lebih banyak alanin, arginin, sistein, dan sering dibandingkan susu sapi.


Air kelapa adalah sumber utama dari arginin, yaitu asam amino yang membantu merespons tubuh terhadap stres (seperti stres yang disebabkan latihan sulit). Arginin juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

7. Sitokinin
Hormon yang membantu tanaman tumbuh, yakni sitokinin, juga ditemukan dalam air kelapa. Senyawa itu diyakini memiliki sifat antipenuaan dan melawan kanker. Namun, hingga saat ini tidak ada penelitian besar yang menunjukkan bahwa air kelapa efektif menangkal kanker.

Air kelapa bisa menjadi cara yang bagus untuk rehidrasi setelah latihan keras dan berkeringat. Air kelapa dapat mengganti minuman olahraga tradisional, dengan tidak adanya tambahan gula, pewarna, dan bahan sintetis lainnya.

Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, mungkin lebih baik memilih air sebagai gantinya. Carilah air kelapa segar yang belum diproses untuk mendapatkan antioksidan paling banyak dan rasa tropis yang sesungguhnya.

Disadur dari Republika.co.id

Air Kelapa Kesehatan Manfaat


Loading...