Daebak! Album Fisik K-Pop Terjual 19 Juta Copy dalam 6 Bulan

Daebak! Album Fisik K-Pop Terjual 19 Juta Copy dalam 6 Bulan
Foto(dok. SM Entertaimen)
Editor: Kian Santang Hot News —Senin, 5 Juli 2021 13:53 WIB

Terasjabar - Penjualan album di beberapa belahan dunia mengalami penurunan drastis setelah maraknya situs streaming. Namun tidak di Korea Selatan, yang rupanya mengalami kenaikan di tahun 2021.

Hanteo Global, situs yang meluncurkan Hanteo Chart Korea, belum lama ini merilis laporan tentang penjualan album fisik di Korea Selatan. Berdasarkan data, sebanyak 19.405.514 copy album terjual di paruh pertama 2021.

Angka tersebut bahkan melebihi penjualan tahun sebelumnya, Tampak kenaikan sebanyak 4.950.652 copy dibandingkan album yang terjual di tahun 2020.

LIHAT JUGA:







View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


Bahkan kenaikan tersebut terjadi secara konsisten sejak 2016. Pandemi rupanya sama sekali tidak mempengaruhi penjualan album fisik musik K-Pop.

"Tren ini diperkirakan akan bertahan untuk sementara waktu," ujar Kim Jin Woo kepala riset di Gaon Chart, dikutip dari Korea Joongang Daily.

Menurut Kim, kontributor utama dalam penjualan album tahun ini adalah NCT Dream. Album penuh perdananya, Hot Sauce, terjual lebih dari 2 juta copy.

Walaupun BTS tidak merilis album apa pun di paruh pertama 2021, mini album BE yang dirilis November 2020, terjual 960 ribu copy antara Januari hingga Mei 2021, yang membuatnya berada di peringkat 3 penjualan album tahun ini.

BTS akan kembali merilis EP untuk lagu Butter yang mendunia pada 9 Juli 2021. Angka penjualan diprediksi akan semakin meningkatkan jumlah total penjualan album di Korea Selatan tahun ini.

TONTON JUGA:

BACA JUGA:PM Inggris Ajak Warganya untuk Belajar Hidup dengan Virus Corona


Sementara itu, data penjualan di pekan pertama perilisan, juga menunjukkan kenaikan selama 16,23 persen tahun ini. SEVENTEEN, NCT Dream, EXO, TXT, juga Baekhyun EXO menjual lebih dari 500 ribu copy album di pekan pertama.

"Penjualan pekan pertama mencapai 73 persen dari penjualan album di Korea Selatan dari tahun 2020 hingga paruh pertama 2021. Menurut kami, loyalitas dan juga besar fandom K-Pop telah meningkat tahun ini," pungkasnya.


(sumber:detik.com)

K-POP korea boyband


Loading...