Canggih! Kamera Smartphone Ini Bisa Menangkap 27 Emosi saat Merekam Wajah Kamu

Canggih! Kamera Smartphone Ini Bisa Menangkap 27 Emosi saat Merekam Wajah Kamu
Editor: Indra Teras Techno —Senin, 5 Juli 2021 11:22 WIB

TERASJABAR.ID-Emosi adalah ekspresi jiwa yang membuat seseorang menjadi lebih ‘hidup’. Namun, tak sedikit orang yang mengartikan bahwa kata ‘emosi’ hanya ditujukan untuk mengungkapkan perasaan negatif seperti marah atau kecewa. Padahal, emosi tak sebatas itu saja.

Mengutip Verywell Mind, psikolog AS Paul Eckman mengungkapkan pada dasarnya manusia memiliki enam emosi dasar manusia yang terdiri dari happiness (bahagia), sadness (sedih), disgust (jijik), fear (takut), surprise (terkejut), dan anger (marah).

LIHAT JUGA:






View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


Namun, menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Proceedings of National Academy of Sciences, ternyata manusia memiliki 27 kategori emosi yang unik dan jarang diketahui oleh banyak orang!

Kategori emosi yang berhasil diidentifikasi di antaranya yaitu Admiration (kagum), Adoration (pemujaan), Aesthetic Appreciation (apresiasi keindahan), Amusement (terhibur), Anxiety (kecemasan), Awe (takjub), Awkwardness (kikuk), Boredom (bosan), Calmness (tenang), Confusion (bingung), Craving (mengidam). 

Selain itu, ada pula emosi Disgust (jijik), Fear (takut), Horror (seram), Interest (tertarik), Joy (girang), Romance (romantis), Sadness (sedih), Envy (iri), Nostalgia (nostalgia), Satisfaction (puas), Sympathy (simpati), dan yang lainnya.

Dalam penelitian tersebut, dikumpulkan 2.185 klip video pendek yang menampilkan berbagai macam hal dengan tujuan untuk membangkitkan emosi tertentu yang dirasakan para responden ketika melihatnya.

Mengabadikan emosi dengan teknologi kamera 

Menariknya, kini telah hadir teknologi yang diinovasikan pada kamera smartphone yang bisa mengabadikan berbagai emosi manusia dalam karya video yang indah dan juga artistik.

TONTON JUGA:

Jadi, tak hanya bisa sekadar merekam video biasa, teknologi pada smartphone terbaru ini  juga mampu menghasilkan video portrait dengan bokeh yang artistik, sehingga segala perhatian bisa terfokus hanya pada emosi/ekspresi subjek foto. Terlihat sangat menarik bukan?

Kecanggihan teknologi ini telah dicoba oleh delapan orang key opinion leader (KOL) yang ditantang dalam kegiatan bertajuk ‘Emotions Extractor Challenge’ yang diselenggarakan oleh OPPO Indonesia.

Beragam ekspresi yang terekam menggunakan OPPO Reno6.
Beragam ekspresi yang terekam menggunakan OPPO Reno6. (Istimewa)

Para KOL yang diundang tersebut pun ditantang untuk mengabadikan berbagai emosi unik yang dirasakannya saat mencoba beberapa wahana yang memacu adrenalin, di antaranya parasailing, disco boat hingga wahana ekstrim 5GX (slingshot) dalam sebuah video portrait.

Menggunakan teknologi baru dan fitur canggih dari kamera inovatif milik OPPO Reno6, berbagai emosi yang direkam pun bisa teridentifikasi dan diabadikan, mulai dari ekspresi emosi  joy, excitement, fear, anxiety, triumph, amusement hingga horror

Tak hanya sebatas membawa teknologi yang mampu mengabadikan berbagai emosi manusia, ponsel keluaran terbaru ini juga menghadirkan fitur andalan Bokeh Flare Portrait.

Fitur ini didukung oleh algoritma Low Light HDR dan algoritma bokeh yang merupakan peningkatan fitur dari yang sebelumnya hanya khusus untuk mengambil foto pada perangkat OPPO Reno4, namun kini bisa untuk merekam video.

Bokeh Flare Portrait menghasilkan efek lampu yang artistik pada latar belakang subjek video dan akan terlihat lebih jelas ketika pengambilan foto dilakukan saat kondisi mulai gelap dan pada lokasi yang banyak cahaya lampu.

Robby Purba (kiri) mengekspresikan emosi Calm, Vanesha Prescilla (kanan) mengeksresikan emosi Nostalgia lewat kamera OPPO Reno6.
Robby Purba (kiri) mengekspresikan emosi Calm, Vanesha Prescilla (kanan) mengeksresikan emosi Nostalgia lewat kamera OPPO Reno6. (OPPO Indonesia)

Ketika kamu mengambil video pada kondisi latar belakang minim cahaya dengan gemerlap lampu, secara otomatis kecerdasan buatan kamera akan menampilkan efek latar belakang bokeh yang dinamis. 

Dengan begitu, subjek utama pada saat merekam pun dapat tetap tampil terang dan jelas. Misalnya, jika kamu merekam wajah sendiri, maka wajahmu akan terlihat terang dan jelas baik saat siang dan malam hari dengan latar belakang berefek bokeh.

Alhasil, emosi dari wajahmu yang direkam bisa menjadi fokus utama yang artsy banget!

Selain membawa keunggulan fitur yang mendukung mobile videography, OPPO Reno6 juga hadir sebagai perangkat yang mengusung layar berjenis single punch-hole dengan jarak tepian frame yang terlihat tipis.

Desain body OPPO Reno6

Membawa desain 3D Curved pada bagian samping, ponsel ini hadir dalam balutan warna hitam dengan finishing matte dan warna yang merupakan perpaduan antara gradasi biru muda kehijauan dan warna peach terang.

OPPO Reno6 masih membawa bahasa desain yang sama dengan suksesornya, mengaplikasikan Reno Glow. OPPO berupaya meningkatkan teknik ini pada perangkat Reno6 dengan 5 lapisan Diamond Spectrum, sehingga perangkat ini dapat memancarkan jutaan warna.

BACA JUGA:Daftar Formasi CPNS 2021 untuk Lulusan D4: Kejaksaan, Lemhannas, Kemen ESDM hingga Basarnas

Mengimbangi gaya hidup anak muda modern sebagai targetnya, perangkat ini juga tampil tipis, stylish dan elegan

Selain dari sisi warna, OPPO Reno6 juga tampil tipis dan ringan. Perangkat ini hanya memiliki ketebalan 7.8mm dan juga berat hanya 173 gram.

Kombinasi keduanya menghasilkan perangkat yang tipis sekaligus nyaman digengam dengan satu tangan.

OPPO Reno6 juga tampil dengan layar bertipe Single Punch-Hole Display, memberikan sebuah pandangan layar yang luas kepada pengguna untuk menikmati konten multimedia dan online game.

Sementara itu pada sektor kamera, OPPO Reno6 membawa 4 (empat) kamera utama dimana pada bingkainya tertulis 64 MP Quad AI Camera.

Penasaran dengan apalagi inovasi dan teknologi canggih yang akan dihadirkan dalam ponsel keluaran baru ini selain menangkap berbagai emosi manusia? Ikuti terus info kedatangan dari OPPO Reno6 yang akan membawa pengalaman baru untukmu dalam mobile videografi ke tingkat selanjutnya.    

(SUMBER TRIBUNJABAR.ID)


Kamera SmartPhone OPPO Indonesia SmartPhone Terbaru


Loading...