Kalahkan Ekuador Dengan Skor 3-0, Argentina Lolos Ke Babak Semifinal Copa America 2021

Kalahkan Ekuador Dengan Skor 3-0, Argentina Lolos Ke Babak Semifinal Copa America 2021
(Kompas Bola : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Minggu, 4 Juli 2021 11:27 WIB

Terasjabar.id - Argentina lolos ke babak semifinal Copa America 2021 setelah mengalahkan Ekuador dengan skor 3-0. Pertandingan tersebut digelar di Stadion Olimpico Pedro Ludovico, Brasil pada Minggu (4/7/2021).

Pada babak pertama, Argentina mendominasi permainan dengan melakukan serangan bertubi-tubi ke gawang Ekuador. Hasilnya, tim asuhan Lionel Scaloni berhasil menciptakan gol melalui Rodrigo de Paul (40’) dan membuat Argentina unggul 1-0 di babak pertama.

Di babak kedua, Argentina menambah dua gol lewat kaki Lautaro Martinez dan Lionel Messi di sepertiga akhir babak kedua. Berkat hasil tersebut, Argentina lolos ke semifinal dan akan menghadapi Kolombia di babak semifinal Copa America 2021 pada Rabu (7/7/2021) pukul 08.00 WIB

Albiceleste -julukan Argentina- langsung tampil menyerang sejak peluit babak pertama ditiupkan. Pasukan Lionel Scaloni langsung mengancam lewat serangan yang dibangun oleh Leandro Paredes dan Lautaro Martinez. Sayang, bola belum menemui jaring gawang.

Setelah itu, kali ini Lionel Messi mencoba peruntungan dari sisi kiri. Pertahanan Ekuador yang solid membuat gerak Messi terhambat namun berhasil melepaskan umpan lambung ke arah Giovani Lo Celso namun dihalau pemain bertahan Ekuador, Arboleda.

Argentina terus mendominasi babak pertama dengan terus menerus menyerang. Hal tersebut membuat Ekuador kewalahan, namun pertahanan mereka tetap solid.

Pada menit ke-14 Arboleda melakukan penyelamatan gemilang menggunakan kepalanya dengan mem-blok tendangan Lautaro Martinez. Sekali lagi, serangan Albiceleste masih buntu karena kuatnya permainan bertahan yang diciptakan Ekuador.


Ancaman selanjutnya datang dari Messi, La Pulga -julukan Lionel Messi- menyerang dari sisi kiri dan bergerak cepat setelah bekerjasama dengan German Pezzela. Namun sayang, tendangan Messi masih mengenai tiang gawang yang dijaga Hernan Galindez.

Di sepertiga akhir babak pertama, Ekuador menciptakan peluang emas melalui kerjasama para pemain depannya. Hasilnya, La Tricolor -julukan Timnas Ekuador- nyaris mencetak gol melalui Enner Valencia namun bola masih bergerak di samping gawang.

Di sisi lain, serangan Argentina akhirnya berbuah manis, Rodrigo de Paul berhasil menciptakan gol (40’) setelah mendapatkan umpan manis dari Messi memaanfaatkan kesalahan penjaga gawang Ekuador, Hernan Galindez. Albiceleste akhirnya unggul sementara 1-0 di babak pertama.

Ekuador memulai babak kedua dengan menciptakan serangan demi serangan kepada Albiceleste. Tak mau kalah, La Tricolor membuka peluang mencetak gol melalui Enner Valencia, namun sayang bola masih bisa dihalau oleh kiper Argentina, Emiliano Martinez.

Tak hanya itu, Pervis Estupinan menciptakan peluang emas setelah melepaskan umpang lambung kea rah kotak penalti Argentina. Akan tetapi, bola masih mengenai kepala Nicolas Gonzalez dan gagal dikonversi menjadi gol.

Ekuador terus menyerang lewat Valencia dan Estupinan. Beberapa kali terlihat Valencia melepaskan tembakan kencang dari luar kotak penalti. Namun, usahanya masi belum bisa berbuah gol.

Pada sepertiga babak kedua, baik Argentina maupun Ekuador melakukan pergantian pemain. Argentina memasukkan Angel di Maria, masuknya di Maria diharapkan menjadi motor serangan baru Albiceleste.

Sedangkan, Ekuador memasukkan Moises Caceido menggantikan peran Alan Franco. Caceido diharapkan bisa menjadi pemecah kebuntuan La Tricolor yang selalu gagal mencetak gol di saat menyerang.

Namun sial bagi Ekuador, Albiceleste malah menambah kedudukkan lewat sontekan indah Lautaro Martinez yang juga berkat assist dari Messi. Hasilnya, Argentina unggul 2-0 atas Ekuador (84’).

Kesialan Ekuador tak berhenti sampai disitu, Angel di Maria yang melakukan penetrasi ke kotak penalti La Tricolor dijatuhkan oleh Piero Hincapie. Karena itu, Hincapie harus pasrah keluar karena diganjar kartu merah oleh wasit karena insiden itu.

Berkat pelanggaran tersebut, Argentina mendapatkan tendangan bebas persis di depan kotak penalti. La Pulga yang menjadi eksekutor berhasil menyelesaikan dengan indah dan berbuah gol, Albicelesete semakin jauh unggul 3-0 (90+3’).

Pada akhirnya, Argentina gol Lionel Messi menjadi penutup laga perempatfinal Copa America antara Argentina vs Ekuador. Berkat hasil tersebut, Argentina lolos ke semifinal dan akan menghadapi Kolombia di babak semifinal Copa America 2021 pada Rabu (7/7/2021) pukul 08.00 WIB.

Susunan Pemain

Argentina (4-3-3): Emiliano Martinez; Nahuel Molina, German Pezzella, Nicolas Otamendi, Marcos Acuna; Rodrigo de Paul, Leandro Paredes, Giovani Lo Celso; Lionel Messi, Lautaro Martinez, Nicolas Gonzalez.
Cadangan: Franco Armani, Nicolas Tagliafico, Gonzalo Montiel, Sergio Aguero, Angel Di Maria, Augustin Marchesin, Exequiel Palacios, Joaquin Correa, Guido Rodriguez, Angel Correa, Alejandro Gomez, Lisandro Martinez.
Pelatih: Lionel Scaloni

Ekuador (4-2-3-1): Hernan Galindez; Angel Preciado, Piero Hincapie, Robert Arboleda, Pervis Estupinan; Angel Mena, Jhegson Mendez; Alan Steven Franco, Carlos Gruezo, Diego Palacios, Enner Valencia
Cadangan: Felix Torres, Christian Naboa, Fidel Martinez, Leonardo Campana, Michael Estrada, Pedro Ortiz, Xavier Arreaga, Mario Pineida, Gonzalo Plata, Alexander Dominguez, Moises Caicedo, Jose Hurtado Cheme.
Pelatih: Gustavo Alvaro

Disadur dari Sindonews.com 

Argentina Ekuador Copa America 2021 Semifinal


Loading...