Israel Kembali Serang Gaza Berdalih Balas Serbuan Balon Api

Israel Kembali Serang Gaza Berdalih Balas Serbuan Balon Api
republika
Editor: Dani Ramdani Hot News —Minggu, 4 Juli 2021 10:26 WIB

Terasjabar.id - Israel kembali melakukan serangan-serangan udara ke Gaza, Palestina. Serangan tersebut diklaim sebagai bentuk balasan atas peluncuran balon api ke wilayah Israel yang menyebabkan kebakaran beberapa waktu lalu.

Menurut penuturan sumber keamanan dan saksi di Gaza, fasilitas yang terkena serangan Israel berada di sebelah barat Kota Gaza dan di jalur utara. Belum ada laporan terkait korban.

Serangan tersebut dilakukan pada Sabtu (3/7) dini hari waktu setempat. Israel mengklaim serangan jet-jet tempurnya diarahkan ke tempat pembuatan senjata dan peluncur roket milik organisasi teror Hamas.

"Serangan itu dilakukan sebagai tanggapan atas insiden balon api yang menyebabkan kebakaran di wilayah Israel," kata sebuah pernyataan dari pihak militer Israel, seperti dilansir dari AFP, Minggu (4/7/2021),


Serangan balasan ini bukanlah yang pertama dilakukan Israel. Pada Jumat (2/7) lalu, Israel juga mengerahkan serangan udara ke Gaza sebagai dalih balasan.

Serangan balon api dari Gaza diketahui memicu empat kebakaran di wilayah Eshkol Selatan.

Hingga kini belum ada kelompok manapun yang berbasis di Gaza mengaku bertanggungjawab atas serangan balon api tersebut.


Meski begitu, kisruh antar kedua pihak masih beberapa kali terjadi. Salah satunya terkait serangan balon api yang kemudian dibalas oleh Israel.Ketegangan antara Israel dan Hamas serta sejumlah kelompok bersenjata Palestina lainnya diketahui sudah berada di fase gencatan senjata. Serangan yang bermula dari masalah pemukiman tersebut terjadi selama sebelas hari dan berakhir pada 21 Mei lalu melalui kesepakatan deklarasi gencatan senjata.

Menurut pihak berwenang di Gaza, konflik yang terjadi pada Mei lalu menewaskan 260 warga Palestina termasuk kelompok milisi. Sementara itu, dari pihak Israel ada sekitar 13 orang tewas, termasuk seorang tentara.

FOLLOW JUGA:






View this post on Instagram











A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)




(DETIK.COM)




israel gaza palestina


Loading...