Indonesia Menunggu 4 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Moderna dari AS, Kapan Tiba?

Indonesia Menunggu 4 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Moderna dari AS, Kapan Tiba?
direkorat jendral kefarmasian dan alat kesehatan
Editor: Dani Ramdani Hot News —Minggu, 4 Juli 2021 09:38 WIB

Terasjabar.idIndonesia tengah menunggu 'hibahan' vaksin COVID-19 dari sejumlah negara. Salah satunya, vaksin Moderna dari Amerika Serikat, sebagaimana yang disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Namun, Menkes Budi belum menyebut kapan tepatnya vaksin tersebut akan tiba di Indonesia.

"Kita juga akan dapat dari Amerika dengan bantuan Pak Menko, 4 juta dosis Moderna yang juga akan kita dapat dalam waktu singkat," ujar Menkes dalam konferensi pers virtual, Kamis (1/7/2021).

Hal serupa disampaikan oleh Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan. Ia menyebut pengiriman 4 juta dosis vaksin COVID-19 Moderna tersebut bertujuan membantu Indonesia menghadapi lonjakan kasus COVID-19.

Jake mengatakan vaksin ini akan dikirim sesegera mungkin, tanpa disebutkan kapan tepatnya.

"Sullivan menyoroti pentingnya tempat administrasi Biden-Harris di Indonesia, Asia Tenggara dan mengakhiri pandemi secara lebih luas untuk menjanjikan dukungan berkelanjutan," tertulis dalam keterangan, dikutip dari Reuters, Sabtu (3/7/2021).

Baru diizinkan oleh BPOM

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru saja mengeluarkan izin pengunaan darurat (EUA) untuk vaksin COVID-19 Moderna, dengan efikasi setinggi 86,4 hingga 94,1 persen.

"Untuk data efikasi berdasarkan data uji klinik fase 3 menunjukan adanya 94,1 persen pada usia 18-65 tahun dan 86,4 persen pada usia di atas 65 tahun," terang Kepala BPOM Penny K Lukito dalam konferensi pers virtual, Jumat (2/7/2021).

Ia menambahkan, tingkat efikasi tersebut juga ditemukan pada kelompok populasi pengidap komorbid. Maka, vaksin ini aman digunakan pada pengidap penyakit paru kronis, jantung, obesitas berat, diabetes, penyakit liver (hati) dan HIV.

FOLLOW JUGA:






View this post on Instagram











A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)







(DETIK.COM)

covid19 vaksin vaksin covid19


Loading...