Pemuda Jombang Ini Bangkit dari Pandemi dengan Jasa Cuci Motor-Mobil Online

Pemuda Jombang Ini Bangkit dari Pandemi dengan Jasa Cuci Motor-Mobil Online
Foto: Enggran Eko Budianto
Editor: Kian Santang Hot News —Sabtu, 3 Juli 2021 08:37 WIB

Terasjabar.id -Berbekal kreativitas, pandai membaca peluang dan berani bertindak membuat seorang pemuda lulusan SMK di Jombang bangkit dari kesulitan ekonomi akibat pandemi COVID-19. Dia membuka jasa cuci motor dan mobil online yang kini laris manis dengan omzet Rp 200 ribu/hari.

Memakai kaus biru dan celana pendek, Gery cekatan mencuci sepeda motor di halaman rumah pelanggannya di Jalan Gubernur Suryo, Kecamatan Jombang. Pemilik nama Gery Yosia Hamonangan ini dengan telaten membersihkan tiap bagian motor dari kotoran.

LIHAT JUGA:







View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


Agar wangi dan mengkilat, dia tak lupa melaburkan sabun khusus ke motor Honda Scoopy tersebut. Selanjutnya, pemuda berusia 18 tahun ini membilas motor tersebut menggunakan air dari pompa. Dibantu teman yang menjadi asistennya, Gery mengelap tiap bagian motor hingga kering.

Ia terus memakai masker untuk melindungi dirinya dari COVID-19. Setelah menerima bayaran, lulusan SMK jurusan teknik mesin ini bergegas menuju ke rumah pelanggan lainnya. Sepeda motor Yamaha Jupiter MX selalu menemani pekerjaannya ini.

Ya, motor warna hitam itu dia modifikasi untuk membawa tangki air, pompa air dan sabun. Mesin pompa ia hidupkan menggunakan aki pada motor tersebut. Bagian belakang tangki air dia tempeli dengan informasi tentang jasa cuci motor-mobil panggilan miliknya.

TONTON JUGA:

Bisnis bernama Go Wash yang dirintis Gery ini melayani cuci motor dan mobil panggilan. Pelanggan bebas menentukan tempat mencuci motor atau mobil. Bisa di rumah maupun di tempat kerja. Jasa cuci motor dan mobil jemput bola yang ia jajakan tentu saja efektif mencegah kerumunan yang berisiko menjadi tempat penularan COVID-19.

"Sehari rata-rata 10-15 order. Sekali order kadang sampai mencuci 3 motor dan satu mobil," kata Gery kepada wartawan saat melayani pelanggan di Jalan Gubernur Suryo, Kecamatan Jombang, Sabtu (3/7/2021).]

Kasus COVID-19 yang terus meningkat di Kabupaten Jombang membuat masyarakat takut keluar rumah untuk mengantre di tempat-tempat cuci motor maupun mobil. Kondisi inilah yang ditangkap Gery menjadi peluang bisnis. Terlebih lagi, pandemi Virus Corona membuatnya kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Pemuda asal Desa Tunggorono, Kecamatan Jombang lantas memutar otak. Dengan modal yang minim, dia memutuskan memodifikasi sepeda motor miliknya untuk membuka jasa cuci mobil dan motor panggilan sejak 5 bulan lalu. Bisnis Go Wash miliknya menjadi yang pertama di Kota Santri.

"Selama pandemi COVID-19 saya sulit mencari pekerjaan. Dengan membuka bisnis ini, saya justru bisa membuka lapangan kerja untuk teman-teman saya yang masih menganggur," terangnya.

Merangkul tiga temannya, Gery kini mempunyai 2 motor modifikasi untuk jasa cuci motor dan mobil panggilan. Menurut dia, Go Wash siap melayani pelanggan mulai pagi sampai tengah malam. Tarif yang dia patok pun sangat terjangkau. Yakni hanya Rp 15.000 untuk cuci sepeda motor dan Rp 25.000 untuk mobil.

"Kebanyakan pelanggan di Kecamatan Jombang, tapi ada juga dari wilayah pinggiran. Penghasilan sampai Rp 200.000 per hari," ungkapnya.

Untuk mendapatkan layanan Go Wash, warga Jombang cukup menghubungi Gery di nomor WhatsApp 083-112-255-973 atau DM ke akun Instagram @gowashjombang. Selain melalui medsos, ia juga mempromosikan bisnisnya dengan menyebarkan brosur ke rumah-rumah warga.

BACA JUGA:BREAKING NEWS ! Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Dunia Tadi Pagi

"Dengan pesan layanan Go Wash masyarakat tidak perlu keluar bensin untuk ke tempat cucian juga tidak perlu antre lama," tandasnya.


(sumber:detik.com)

ekonomi keluarga jombang


Loading...