Bandara Internasional Kualanamu Meningkatkan Layanan Tes Covid-19

Bandara Internasional Kualanamu Meningkatkan Layanan Tes Covid-19
Ilustrasi (Suara Sumut : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 2 Juli 2021 09:09 WIB

Terasjabar.id -- Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara terus meningkatkan pelayanan tes Covid-19 bagi para calon penumpang pesawat dengan mengandeng pihak ketiga.

Executive General Manajer PT Angkasa Pura (AP) II Kualanamu, Heriyanto Wibowo, mengatakan, peningkatan pelayanan tes Covid-19 tersebut berkat koordinasi yang baik antara pemangku kepentingan di bandara, termasuk PT AP, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes) dan maskapai.

Dia menyebutkan, Bandara Kualanamu menyediakan tiga pilihan tes Covid-19 untuk mendukung dan memudahkan calon penumpang pesawat memenuhi persyaratan kesehatan sebelum melakukan penerbangan, dalam mendukung penerbangan sehat di tengah pandemi.

"Fasilitas layanan tes Covid-19 di Bandara Kualanamu dioperasikan oleh pihak ketiga yang memiliki keahlian dan kompetensi di bidang tersebut," ujar Heriyanto.

Dia menjelaskan, layanan tes usap (swab) dan antigen yang berada di lantai mezzanine Bandara Kualanamu yang dikelola oleh Farmalab, hadir melayani pengguna jasa bandara dan penerbangan. Pengguna jasa dapat melakukan registrasi dan memesan layanan tersebut melalui aplikasi Farmalab.

"Sebagai langkah antisipasi apabila pengguna jasa tidak memiliki smartphone, telah disediakan help desk untuk melakukan pelayanan secara manual," kata Heriyanto.

Dia menambahkan, Bandara Kualanamu juga telah memiliki layanan drive thru dan walk in yang dikelola PT Sumatera Siberia Kompaniya yang berada di area parkiran A dan layanan Genose C-19 yang dikelola Farmalab berbasis digital, yang berada di atrium lantai 1 Bandara Kualanamu.


Disadur dari Republika.co.id

Bandara Internasional Kualanamu Kabupaten Deli serdang Sumatera Utara Pandemi Covid-19 Calon Penumpang Pesawat PT AP


Loading...