7 Hektare Ladang Ganja di Gunung Leuser Dimusnahkan, Peredaran 539 Kg Ganja Digagalkan

7 Hektare Ladang Ganja di Gunung Leuser Dimusnahkan, Peredaran 539 Kg Ganja Digagalkan
Polisi gagalkan peredaran 529 kilogram ganja dan musnahkan 7 Hektare ladang ganja dengan cara dibakar di Aceh, Kamis (1/7/2021). Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul 7 Hektare La
Editor: Admin Hot News —Kamis, 1 Juli 2021 15:51 WIB

TERASJABAR-Aparat kepolisian menggagalkan upaya peredaran narkoba jenis ganja seberat 529 kilogram dari pemasok dan pengepul ganja jaringan Aceh-Medan-Palembang-Jakarta-Bogor.

Dari hasil pengembangan kasus tersebut, membuat penyidik menemukan 7 hektare ladang ganja di Gunung Leuser, Kabupaten Beutong Ateuh, Aceh.

Wakil Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Kombes Pol Jayadi mengatakan, rangkaian pengungkapan jaringan pemasok dan pengepul ini dilakukan sejak 9 Juni 2021. 

LIHAT JUGA:






View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)

/p>

Kala itu petugas mendapati barang bukti 198 bungkus ganja seberat 223,95 kilogram.

"Tim melakukan pengembangan pada Kamis, 24 Juni 2021 dan berhasil mengamankan empat tersangka dengan barang bukti narkotika jenis ganja sebanyak sembilan karung yang berisi 280 bungkus paket ganja dengan berat  304,60 kilogram," tutur Jayadi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/7/2021).

Jika ditotal, maka temuan pihak kepolisian terhadap ganja dari para pengepul tersebut yakni seberat 529 kilogram.

Jayadi menyebut, para tersangka yang diamankan yakni berinisial IB (42), IS alias UC (44), MA (35), dan RD (37). 

Dari pemeriksaan itu, penyidik mendapati bahwa para tersangka memiliki ladang ganja.

TONTON JUGA:

"Tim kemudian melakukan penyisiran area Gunung Leuser ditemukan ladang ganja seluas tujuh hektare di daerah Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Ateuh Banggalan, Kabupaten Nagan Raya," jelas Jayadi.

Jika dianalisis dari luasan area, Jayadi melanjutkan, ladang tersebut dapat menghasilkan 630 ribu batang ganja kering dengan perkiraan berat 210,529 ton. 

Adapun dengan perkiraan harga per kilogramnya Rp 4 juta, maka kata dia total barang bukti tersebut senilai Rp 842 miliar lebih.

"Selanjutnya dilakukan pemusnahan terhadap ladang ganja dengan cara dilakukan pencabutan pohon ganja, kemudian dilakukan pembakaran," Jayadi menandaskan.

BACA JUGA:Hingga Siang Ini, Gempa Bumi 3 Kali Landa Tanggamus Lampung, BMKG Catatan Kekuatan Gempa Hampir Sama

Adapun giat pengungkapan upaya penyelundupan dan peredaran ganja yang dilakukan Polri selama periode Januari 2021 hingga Mei 2021 ini tercatat sebanyak 1.334 kasus dengan 1.610 tersangka dan barang bukti ganja seberat 2,1 ton.

SUMBER(TRIBUNJABAR.ID)


KEPOLISIAN GANJA ACEH


Loading...