Sebanyak 3 Ribu Warga Bogor Isolasi Mandiri, Dedie Minta Pendataan Dimaksimalkan

Sebanyak 3 Ribu Warga Bogor Isolasi Mandiri, Dedie Minta Pendataan Dimaksimalkan
(Dok Pemkot Bogor Via Sindonews.com)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 1 Juli 2021 15:19 WIB

Terasjabar.id - Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim meminta pendataan warga positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri dimaksimalkan. Pasalnya, banyak warga yang melakukan isolasi mandiri karena kapasitas tempat tidur rumah sakit terbatas.

Berdasarkan data, jumlah pasien positif Covid-19 aktif di Kota Bogor sekitar 3.500 kasus terhitung pada Rabu 30 Juni 2021. Sementara, ketersediaan tempat tidur atau bed di 21 rumah sakit hanya 950 bed di mana 50 persen di antaranya merupakan pasien dari luar wilayah Kota Bogor.

"Artinya, sekitar 3.000 orang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Ada juga yang sedang keliling mencari rumah sakit, mencari fasilitas kesehatan. Kita sedang melihat adanya mobilitas dari virus itu sendiri," ujar Dedie, Kamis (1/7/2021).

Dengan demikian, tentu ada risiko tingkat penyebaran virus yang lebih tinggi lagi. Maka itu, semua jajaran di wilayah dari mulai kecamatan, kelurahan, LPM, kader kesehatan, hingga karang taruna ikut membantu pendataan yang lebih maksimal.

"Pendataan itu meliputi lokasi warga yang terpapar, berapa banyak orang yang kontak erat, serta segera konsolidasi dengan lurah atau camat," kata Dedie.

Dia juga minta semua unsur tersebut memastikan mereka yang tidak melakukan isolasi di rumah sakit mendapatkan perhatian fasilitas kesehatan di tingkat wilayah seperti puskesmas.

"Paling tidak mendapat obat-obatan standar saja, itu yang penting. Jadi sudah dipastikan bahwa rumah sakit di Kota Bogor tidak mampu menampung semua pasien yang membutuhkan. Tapi, kita tidak bisa tinggal diam, harus ada visitasi," ungkapnya.

Termasuk proses pemulasaran jenazah Covid-19 agar bisa langsung dikoordinasikan dengan jajaran kepolisian yang sudah membentuk tim pemakaman. Meskipun Pemkot Bogor juga sudah menyiapkan perihal sarana prasarananya. Hal ini penting menjadi perhatian mengingat angka kematian bagi warga yang isoman di rumah masing-masing juga harus ditekan.

Disadur dari Sindonews.com 

Wakil Wlai Kota Bogor Isolasi Mandiri Pandemi Covid-19 PRokes Tempat Tidur


Loading...