Kapan Waktu yang Tepat Konsumsi Vitamin C?

Kapan Waktu yang Tepat Konsumsi Vitamin C?
Liputan6.com
Editor: Admin Teras Health —Kamis, 1 Juli 2021 09:58 WIB

Terasjabar.id -- Vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Apalagi selama pandemi, daya tahan tubuh menjadi salah satu 'benteng' untuk melindungi diri dari ancaman Covid-19.

Lalu, kapan waktu yang tepat konsumsi vitamin c ?

Vitamin C bekerja sebagai antioksidan, mengurangi radikal bebas, anti-inflamasi, dan membantu kerja sistem imun dalam memerangi penyakit.

Ada beberapa bentuk suplemen vitamin C, termasuk asam askorbat, asam askorbat dengan bioflavonoid, vitamin C liposom, dan kalsium askorbat.


FOLLOW JUGA :






View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


Sebagaimana dilansir Healthline, Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin C kapan saja, asal sesuai dan tidak melebihi dosis harian yang dianjurkan. Vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air sehingga tidak perlu dikonsumsi bersamaan dengan makanan.

Pastikan untuk menyimpan suplemen vitamin C di tempat yang sejuk dan gelap, karena nutrisi ini sensitif terhadap panas dan cahaya.Kendati demikian, mengonsumsi asam askorbat dengan makanan dapat membantu mengurangi potensi efek samping gastrointestinal yang disebabkan oleh keasamannya yang tinggi.

Institute of Medicine mengeluarkan rekomendasi jumlah takaran asupan nutrisi dari makanan atau suplemen. Berikut asupan vitamin C harian yang direkomendasikan.

- Anak- anak (1-3 tahun): 15 miligram
- Anak-anak (4-8 tahun): 25 miligram
- Remaja (9-13 tahun): 45 miligram
- Remaja akhir (14-18 tahun) 65-75 miligram
- Perempuan dewasa (19 tahun ke atas): 75 miligram
- Laki-laki dewasa (19 tahun ke atas): 90 miligram
- Ibu hamil: 85 miligram
- Ibu menyusui: 120 miligram

Sementara, orang dewasa yang mengonsumsi vitamin C lebih dari 2000 miligram per hari berisiko mengalami efek samping.

"Pemberian vitamin C lebih dari 2.000 miligram per hari dapat mengakibatkan intoksikasi [keracunan] vitamin C. Konsumsi berlebihan dapat mengakibatkan efek samping seperti mual, nyeri ulu hati, hingga diare," kata Sharifah Shakinah, dokter spesialis penyakit dalam yang juga Staf Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi FKUI-RSCM, saat dihubungi CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Setelah mengetahui waktu yang tepat konsumsi vitamin C, berikut batas tertinggi asupan vitamin C harian berdasarkan usia, seperti dilansir Medical News Today.

- 400 miligram untuk usia 1-3 tahun
- 650 miligram untuk usia 4-8 tahun
- 1.200 miligram untuk usia 9-13 tahun
- 1.800 miligram untuk usia 14-18 tahun
- 2.000 miligram untuk usia 19 tahun ke atas

(CNN INDONESIA)

covid19 vitamin c


Loading...