Ketua Jakmania Soal Klok Gabung Persib: Biasa Saja

Ketua Jakmania Soal Klok Gabung Persib: Biasa Saja
Bolasport.com
Editor: Malda Hot Persib —Rabu, 30 Juni 2021 15:17 WIB

Terasjabar.id -- 

Keputusan Marc Klok meninggalkan Persija Jakarta dan memutuskan bergabung dengan Persib Bandung tak membuat Ketua The Jakmania kecewa.

Ketua Umum The Jakmania Diky Soemarno menganggap keputusan Klok yang meninggalkan Persija dan membela rival sebagai keputusan profesional. Perpindahan pemain Persija ke Persib dan juga sebaliknya merupakan hal lumrah atau kerap terjadi.

"Wajar pemain sepak bola butuh klub agar kariernya tetap bisa berjalan. Hal biasa itu. Enggak ada yang harus ditanggapi. Klok pemain profesional, dia butuh untuk bermain bola," kata Diky kepada CNNIndonesia.com pada Rabu (30/6).

Diky berharap kepindahan Klok ke Persija tak dibesar-besarkan. Ia tak ingin kepindahan pemain dijadikan oknum tertentu untuk memprovokasi rivalitas Persija-Persib.

Dalam sejarah rivalitas kubu Persija dan Persib, sudah puluhan pemain yang pernah membela Macan Kemayoran dan Maung Bandung.

Musim ini misalnya Persija punya Tony Sucipto dan Maman Abdurrahman yang sebelumnya pernah membela Persib. Sebelum itu Persija juga punya Shahar Ginanjar, kiper yang turut membawa Persib juara Liga Super Indonesia 2014.

Nama lain yang sempat memperkuat Persija dan Persib adalah Firman Utina, Antonio 'Toyo' Claudio, Charis Yulianto, Imran Nahumarury, Abanda Herman, Aliyudin, Salim Alaydrus, Asri Akbar, dan Alexander Pulalo.

Ada pula Atep Rizal yang akhirnya menjadi kapten Persib setelah tampil impresif bersama Persija di usia muda. Untuk pemain asing ada sosok Lorenzo Cabanas yang tampil setengah musim di Persija, tapi moncer bersama Persib selama dua musim.

Mundur lebih jauh pada era Liga Indonesia atau sebelum ada rivalitas antara suporter Persija dengan Persib, ada banyak nama.

Beberapa pemain yang pernah membela Persib dan Persija di era Perserikatan di antaranya adalah Budiman, Yudi Guntara, dan Thio Him Tjiang. Nama terakhir bahkan merupakan salah satu sosok yang pernah juara bersama kedua klub.(CNNIndonesia)

marc Klok Persib persija Bandung Viral Maungklok The Jakmania


Loading...