Covid-19 Varian Delta Terdeteksi di KBB, Sekda KBB Sebut Korbannya Anak-anak dan Balita

Covid-19 Varian Delta Terdeteksi di KBB, Sekda KBB Sebut Korbannya Anak-anak dan Balita
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras KBB —Rabu, 30 Juni 2021 13:33 WIB

Terasjabar.id - Penyebaran Covid-19 varian Delta atau varian B16172 dipastikan sudah terdeteksi di sejumlah wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) berdasarkan hasil pemeriksaan whole genome sequencing (WGS).

Kepastian ini berdasarkan hasil pemeriksaan WGS pada spesimen yang diterima Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman pada 20 Juni 2021 dari Laboratorium Kesehatan Provinsi Jawa Barat dan keluarkan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Sekretaris Daerah (Sekda) KBB Asep Sodikin, mengatakan, berdasarkan data dari LBM Eijkman bahwa Covid-19 varian delta tersebut terdeteksi di wilayah Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Jayagiri, Ngamprah, dan Cipeundeuy.

"Berdasarkan surat dari LBM Eijkman, bahwa dari sampel yang mereka periksa, memang varian Delta virus korona sudah ada di Bandung Barat," ujarnya saat ditemui di Kompleks Perkantoran Pemkab Bandung Barat, Rabu (30/6/2021).

Asep mengatakan, untuk di PKM Jaya Giri dan Cipeundeuy warga yang terpapar varian Delta ini merupakan seorang balita, sedangkan untuk di PKM Ngamprah yakni anak-anak dengan kategori umur 5-18 tahun.

"Klasifikasinya varian of concern, artinya harus menjadi perhatian. Seperti diketahui, varian ini cara penyebarannya jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan yang awal," kata Asep.

Hanya saja, untuk saat ini Asep belum bisa memastikan balita dan anak-anak ini bisa terpapar Covid-19 varian Delta ini dari mana karena pihaknya belum mendapatkan data secara detail, termasuk kondisi dari warga tersebut.

"Tapi dari sampel yang diperiksa itu, memang betul varian Delta. Terus terkait kondisinya apakah parah atau tidak, saya juga belum dapat informasi itu," ucapnya.

Asep memastikan, dengan munculnya varian Delta ini akan menjadi perhatian Pemkab Bandung Barat terutama dalam melakukan tracing agar penyebarannya tidak semakin meluas.

Salain terdeteksi varian Delta, di wilayah Bandung Barat juga ditemukan Covid-19 varian B16442 atau varian lokal di wilayah PKM Jayagiri. Hal ini juga masih berdasarkan hasil pemeriksaan LBM Eijkman.(Tribunjabar.id)



KBB Balita Viral Virus Corona Varian Delta


Loading...