Gagal ke Perempat Final Euro 2020, Prancis Ulangi Mimpi Buruk Piala Dunia 2010

Gagal ke Perempat Final Euro 2020, Prancis Ulangi Mimpi Buruk Piala Dunia 2010
(Detik Sport : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 29 Juni 2021 13:20 WIB

Terasjabar.id - Tim Nasional (Timnas) Prancis secara mengejutkan gugur di 16 besar Piala Eropa 2020 . Menurut laporan Opta Joe, Les Bleus -julukan Timnas Prancis- pertama kalinya gagal ke perempatfinal turnamen mayor (Piala Eropa dan Piala Dunia) sejak Piala Dunia 2010.

Piala Dunia 2010 menjadi mimpi buruk bagi Timnas Prancis . Sebab, Les Bleus gugur setelah menempati posisi juru kunci Grup A dengan koleksi satu poin.

Setelah itu, Timnas Prancis bangkit pada empat turnamen mayor selanjutnya (Piala Eropa 2012, Piala Dunia 2014, Piala Eropa 2016, dan Piala Dunia 2018) dengan selalu menapaki minimal perempatfinal. Timnas Prancis bahkan mengakhiri Piala Dunia 2018 sebagai juara.

Namun, mimpi buruk Piala Dunia 2010 terulang di Piala Eropa 2020 . Timnas Prancis tidak gugur di fase grup kali ini, tetapi 16 besar setelah kalah dari Swiss yang di atas kertas lebih lemah dari mereka.

Sebagaimana diketahui, pertandingan Timnas Prancis kontra Swiss berlangsung di Stadion Nasional, Bucharest, Rumania, Selasa (29/6/2021), dini hari WIB. Swiss membuat keajaiban dalam pertandingan itu.

Swiss memulai pertandingan dengan baik karena bisa unggul 1-0 pada menit ke-15 melalui aksi Haris Seferovic. Akan tetapi, keunggulan itu sirna pada babak kedua karena Timnas Prancis mampu menciptakan tiga gol melalui aksi Karim Benzema (57’ dan 59’) serta Paul Pogba (75’).


Namun, Swiss membuat keajaiban dengan menyamakan kedudukan sebelum pertandingan berakhir. Seferovic (81’) dan Mario Gavranovic (90’) menjadi penyelamat Swiss dengan gol mereka di penghujung pertandingan.

Pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Akan tetapi, tidak ada gol tambahan tercipta sehingga penalti pun harus digelar.

Semua eksekutor Timnas Swiss mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Di sisi lain, Kylian Mbappe gagal mengeksekusi penalti untuk Timnas Prancis sehingga kalah dengan skor 4-5.

Kapten Timnas Prancis, Hugo Lloris, pun tidak bisa mencari alasan untuk membenarkan kekalahan dari Swiss. Satu penyesalan Lloris adalah Timnas Prancis tidak bisa mempertahankan keunggulan 3-1 hingga pertandingan berakhir.
“Kami tidak mencari alasan. Penyesalan, jika kami bisa memilikinya, adalah kami memimpin 3-1,” ujar Lloris, dikutip dari laman resmi UEFA, Selasa (29/6/2021).

“Dalam beberapa tahun terakhir,kami tahu bagaimana menutup toko(bertahan). Kami melewati setiap emosi yang mungkin terjadidan sejujurnya itulah sepakbola yang kami suka. Dua gol yang kami kebobolan dalam seperempat jam terakhir benar-benar menyakiti kami,” tuturnya.

Disadur dari Republika.co.id

Timnas Prancis Euro 2020 Babak 16 Besar Les Bleus


Loading...