Produsen Ralat Prabowo Konsumsi Ivermectin: Hashim yang Pakai

Produsen Ralat Prabowo Konsumsi Ivermectin: Hashim yang Pakai
Vice President PT Harsen Laboratories Sofia Koswara mengatakan yang rutin mengonsumsi Ivermectin empat bulan terakhir adalah adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo. (CNN Indonesia/Bisma Septalismaa)
Editor: Malda Teras Viral —Selasa, 29 Juni 2021 11:05 WIB
Terasjabar.id -- 

Vice President PT Harsen Laboratories Sofia Koswara mengklarifikasi pernyataannya yang menyebut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengonsumsi obat Ivermectin empat bulan terakhir untuk mencegah penularan Covid-19.

Sofia yang juga menjabat Ketua Frontline Covid Critical Care Alliance (FLCCC) Indonesia menyebut sosok yang mengonsumsi Ivermectin adalah adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo.

"Seharusnya, yang diberikan obat Ivermectin tersebut adalah kepada adiknya yaitu bapak Hashim Djojohadikusumo," kata Sofia dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (29/6).

Atas kesalahan informasi yang telah disampaikannya itu, Sofia meminta maaf kepada masyarakat dan berharap klasifikasinya kali ini dapat dimaklumi sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman.

"Sekali lagi kami mengucapkan mohon maaf dan terima kasih untuk perhatiannya," ujarnya.

Sofia sebelumnya mengklaim Prabowo mengonsumsi Ivermectin atas rekomendasi staf khusus dan dokter pribadi, Benny Octavianus. Penggunaan obat Ivermectin itu sebagai profilaksis Covid-19 alias obat pencegahan Covid-19.

Klaim tersebut telah dibantah oleh Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Dahnil Anzar Simanjuntak. Ia menegaskan Prabowo tak pernah mengonsumsi obat Ivermectin, yang dikenal sebagai obat cacing, untuk keperluan apapun.

Dahnil juga memastikan dokter pribadi Prabowo, Benny Octavianus juga telah membantah klaim dari Sofia. Menurutnya, Benny menyatakan tak pernah menyampaikan kepada Sofia bahwa Prabowo memakai Ivermectin.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sendiri telah memberikan Persetujuan Pelaksanaan Uji Klinik (PPUK) untuk penggunaan Ivermectin sebagai obat Covid-19 pada Senin (28/5) kemarin.

Kepala BPOM Penny K Lukito menyebut uji klinis akan dilakukan di delapan rumah sakit, yakni RS Persahabatan Jakarta, RS Sulianti Saroso Jakarta, RS Sudarso Pontianak.

Kemudian RS Adam Malik Medan, RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, RS Angkatan Udara Jakarta, RS Umum Suyoto Jakarta dan RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet.

(khr/fra/CNNIndonesia)

Vice President Sofia Koswara Covid 19 Hashim Djojohadikusumo


Loading...