Kim Jong-Un Terlihat Lebih Kurus, Semua Warga Korea Utara Bersedih

Kim Jong-Un Terlihat Lebih Kurus, Semua Warga Korea Utara Bersedih
Perbandingan foto Kim Jong-Un pada 8 Februari (kiri) dan 15 Juni (kanan) (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP, File)
Editor: Malda Teras Viral —Senin, 28 Juni 2021 10:19 WIB
Terasjabar.id - 

Media nasional Korea Utara (Korut) melaporkan bahwa rakyat Korut sedang bersedih karena pemimpin mereka, Kim Jong-Un, terlihat lebih kurus dari biasanya.

Seperti dilansir Reuters, Senin (28/6/2021), seorang warga Pyongyang yang tidak disebut identitasnya seperti dilaporkan televisi nasional Korut, KRT, menuturkan bahwa semua orang di Korut sedang bersedih karena Kim Jong-Un terlihat mengalami penurunan berat badan.

Komentar itu disampaikan setelah sejumlah warga Pyongyang menyaksikan rekaman video terbaru yang menunjukkan Kim Jong-Un.

Komentar publik soal kondisi kesehatan Kim Jong-Un semacam ini tergolong langka. Pada awal Juni lalu, beberapa analis asing menekankan bahwa Kim Jong-Un, yang diyakini berusia 37 tahun, tampak kehilangan banyak berat badan.

"Melihat Sekretaris Jenderal (Kim Jong-Un) yang dihormati tampak kurus sangat menghancurkan hati rakyat kita," ucap pria warga Pyongyang dalam wawancara yang disiarkan KRT pada Jumat (25/6) waktu setempat.

"Semua orang mengatakan bahwa air mata mereka menggenang," imbuhnya.

Dalam tayangan KRT itu, yang tidak bisa diverifikasi secara independen oleh Reuters, sejumlah warga Pyongyang tampak menonton layar besar di jalanan setempat yang menampilkan konser yang dihadiri Kim Jong-Un dan para pejabat Partai Buruh Korea (WPK) setelah rapat pleno WPK.

Tayangan itu tidak menyebutkan informasi lebih detail soal apa yang membuat sang pemimpin Korut kehilangan berat badannya.

Saat Kim Jong-Un muncul kembali di media nasional pada Juni lalu usai nyaris sebulan tak terlihat di depan publik, para analis NK News -- situs pemantau Korut yang berbasis di Seoul -- mencatat bahwa arloji Kim Jong-Un tampak dipakai lebih erat dari sebelumnya dengan pergelangan tangannya terlihat lebih ramping.

Mengingat kuatnya pengaruh Kim Jong-Un di Korut -- dan ketidakjelasan soal rencana penggantinya -- media internasional, badan-badan intelijen asing dan para pengamat memantau kesehatannya secara saksama.

Spekulasi awal tahun lalu soal kondisi kesehatan Kim Jong-Un mencuat setelah dia melewatkan perayaan hari lahirnya pendiri Korut, Kim Il-Sung, atau kakeknya pada 15 April. Dia baru muncul kembali di depan publik pada awal Mei tahun lalu.

Tahun 2014, media nasional Korut melaporkan bahwa Kim Jong-Un mengalami 'ketidaknyamanan' setelah cukup lama tidak terlihat oleh publik.

(nvc/ita/Detik.com)

Korut Korea Utara Kim Jong Un viral Pyongyang


Loading...