Kabupaten Garut Diguncang Gempa Tektonik 2,9 SR, BMKG Sebut Akibat Aktivitas Sesar Garsela

Kabupaten Garut  Diguncang Gempa Tektonik 2,9 SR, BMKG Sebut Akibat Aktivitas Sesar Garsela
Ilustrasi (Detik.com : Google)
Editor: Epenz Teras Garut —Minggu, 27 Juni 2021 11:28 WIB

Terasjabar.id - Kabupaten Garut, Jawa Barat dilanda gempa bumi tektonik ringan berkekuatan 2,9 SR pada pukul 10:23:55 WIB, Minggu (27/6/2021).

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=2.9. Episenter terletak pada koordinat 7.38 LS dan 107.78 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 22 km Barat Daya pada kedalaman 10 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi Dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Hendro Nugroho.

Menurut dia, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Kecamatan Pasirwangi, Kecamatan Samarang, Kecamatan Cikajang, Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut dengan Skala Intensitas III MMI.

Dimana getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG," jelas dia.

Disadur dari SIndonews.com 

Gempa Bumi Jabar PAndemi Covid-19 Garut


Loading...