Corona Varian Delta Mengganas, Sebagian Sydney Lockdown Seminggu

Corona Varian Delta Mengganas, Sebagian Sydney Lockdown Seminggu
lockdown diterapkan di sejumlah kawasan di Sydney (Foto: AP Photo/Mark Baker)
Editor: Malda Teras Viral —Jumat, 25 Juni 2021 10:59 WIB

Terasjabar.id - 

Penduduk di empat kawasan di pusat kota Sydney, negara bagian New South Wales, Australia diperintahkan untuk tetap di rumah selama seminggu, guna mengendalikan lonjakan penyebaran wabah varian Delta virus Corona yang sangat menular.

Puluhan kasus infeksi Corona telah dilaporkan minggu ini, terkait dengan seorang pengemudi limosin yang terinfeksi Corona ketika ia mengangkut awak penerbangan internasional dari bandara Sydney ke hotel karantina.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Jumat (25/6/2021), keputusan untuk lockdown ini berlaku mulai Jumat (25/6). Premier atau pemimpin negara bagian New South Wales (NSW), Gladys Berejiklian memerintahkan siapa saja yang tinggal atau bekerja di daerah yang terkena dampak selama dua minggu terakhir untuk tinggal di rumah.

Berejiklian mengatakan, para pekerja di kawasan pusat bisnis kota dimasukkan dalam pembatasan ini karena khawatir para komuter berpotensi menyebarkan virus ke bagian lain kota Sydney.

"Kita telah melakukan lebih baik dari yang diharapkan dalam hal pelacakan kontak," kata Berejiklian.

"Tetapi apa yang dilakukan adalah memastikan bahwa kita tidak melewatkan rantai penularan komunitas," imbuhnya.

Mereka yang berada di bawah perintah lockdown (penguncian) hanya akan diizinkan meninggalkan rumah untuk alasan penting, termasuk membeli makanan atau jika mereka tidak dapat bekerja dari rumah.

Negara bagian lain juga mulai memberlakukan aturan ketat dengan NSW, termasuk menutup perbatasan atau memberlakukan karantina wajib bagi warga Sydney yang datang ke negara bagian mereka.

Victoria dengan ibu kota Melbourne, misalnya, telah menyatakan Sydney sebagai zona merah. Satu orang berusia 60 tahunan yang kembali ke Melbourne dari Sydney diketahui telah positif COVID.

Kini mereka yang berpergian dari kawasan metropolitan Sydney harus menjalankan karantina.

Australia telah menjadi salah satu negara paling sukses di dunia dalam mengatasi COVID-19, dengan mencatat lebih dari 30.000 kasus dan 910 kematian.

Tetapi virus Corona telah berulang kali lolos dari hotel-hotel Australia yang digunakan untuk mengkarantina para pelancong yang kembali. Para ahli kesehatan mengatakan wabah itu akan berlanjut sampai sejumlah besar warga Australia divaksinasi.

(ita/ita/Detik.com)

Sydney Viral Wales Varian Delta


Loading...