Tugas PNS Berat Sebagai Abdi Negara

Tugas PNS Berat Sebagai Abdi Negara
Editor: Malda Teras Kuningan —Kamis, 24 Juni 2021 16:12 WIB

Terasjabar.id, Kuningan - Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan I Dan II Formasi Tahun 2019 Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan Tahun 2021 ditandai Peresmian Tugu Sajati oleh Bupati H Acep Purnama di halaman kantor UPTD Pengelola Fasilitasi Pengembangan SDM, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Jl Cilowa Kuningan, Rabu (23/6/2021).

Dikatakan H Acep, Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah aparatur negara yang memiliki tugas, tanggung jawab yang berat, yakni sebagai abdi negara dan abdi masyarakat yang menjalankan fungsi untuk menyelenggarakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat secara berdaya guna dan berhasil guna dalam rangka mewujudkan tujuan nasional, khususnya Visi Kabupaten Kuningan Maju (Makmur, Agamis Dan Pinunjul).

Bupati H Acep menjelaskan bahwa, ketentuan dan kualifikasi bagi CPNS yang harus dipenuhi untuk dapat diangkat sebagai PNS sesuai PP nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen ASN antara lain pasal 34 ayat (1) sampai (5), yakni pertama, CPNS wajib menjalani masa percobaan selama satu tahun, kedua masa percobaan yang dimaksud ayat (1) merupakan masa pelatihan dasar, ketiga masa pelatihan dasar meliputi proses pelatihan, keempat proses pelatihan dasar dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat, dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme, serta kompetensi bidang, kelima pelatihan dasar hanya dapat diikuti satu kali.

Gambar

Peresmian Tugu Sajati Kuningan, Rabu (23/06/2021)

“Sebagai seorang aparatur negara tegas Acep, harus memiliki jiwa sajati, santika, peduli terhadap lingkungan, perlu saya informasikan di Kabupaten Kuningan memiliki kegiatan APEL (Aparatur Peduli Lingkungan). Kegiatan aparatur peduli lingkungan telah berperan aktif dalam konservasi lingkungan dalam kurun waktu tahun 2010 sampai dengan tahun 2021 melalui penanaman bibit pohon, pelepasan satwa burung, penebaran benih ikan, dan pengadaan tempat sampah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM kabupaten Kuningan, Drs. H.Nurahim, M.Si., mengatakan bahwa, tujuan pelatihan dasar, agar peserta memiliki integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

“Sehingga dapat terpeliharanya sumber daya lingkungan serta terwujudnya lingkungan yang lestari sesuai dengan misi kelima kabupaten kuningan,” tuturnya.

Dalam laporannya disebutkan, CPNS golongan III angkatan I dan II sebanyak 66 (enam puluh enam) orang, hadir sebanyak 15 (lima belas) orang dan sisanya mengikuti secara virtual/zoom meeting.

Sementara itu, peresmian Tugu Kuningan Sajati (Santana, Basajan, Santika), bertujuan sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dengan memiliki nilai-nilai sajati, yang wajib dimiliki oleh semua pegawai yang nantinya diimplementasikan dalam tugas keseharian di unit kerja masing-masing.

“Tugu ini dibuat untuk selalu mengingat kepada diri kita, agar kita tetap berpegang teguh kepada nilai-nilai kesejatian selaku ASN/PNS, dengan jiwa karakter yang sajati ini, menjadi dambaan masyarakat,”. (H Aboy)

PNS Abdi Negara Viral Lingkungan Hidup


Loading...