Rekor Pemakaman Covid DKI: Sehari 143 Jenazah

Rekor Pemakaman Covid DKI: Sehari 143 Jenazah
Petugas yang mengenakan APD bersiap memakamkan jenazah dengan protokol COVID-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta, Selasa (29/12/2020). (ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)
Editor: Malda Teras Viral —Rabu, 23 Juni 2021 15:09 WIB

Terasjabar.id -- 

Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta mencatat jumlah pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19 di Taman Pemakaman Umum (TPU) wilayah Jakarta mencapai 143 orang pada Selasa (22/6).

Angka itu diakui merupakan tertinggi sejak pandemi melanda Indonesia.

"Pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19 harian kembali membentuk puncak baru per 22 Juni sejumlah 143 jenazah. Tanggal 22 Juni yang tertinggi sejak awal Maret 2020," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Ivan Murcahyo saat dihubungi, Rabu (23/6).

Ivan mengatakan rekor sebelumnya tercatat pada Minggu (20/6), saat itu ada 122 jenazah dengan protokol Covid-19 dimakamkan.

Lebih lanjut, ia menyebut dari 143 jenazah yang dimakamkan pada Rabu, tidak semuanya dimakamkan dalam petak baru, ada beberapa jenazah yang dimakamkan dengan metode tumpang.

"Di Rorotan 68, Tegal Alur 8 (petak baru), lainnya di tumpang/tumpuk di TPU lain," ujarnya.

Khusus petak baru, Ivan juga menjelaskan bahwa di TPU Rorotan masih tersisa ribuan petak yang siap pakai.

"886 jenazah total sudah dimakamkan. Sisa petak sejumlah 6.300," katanya.

Diketahui, TPU Rorotan, yang berlokasi di RW 09 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing mulai difungsikan pada Jumat (26/3).

Pembukaan lahan ini dilakukan oleh Pemprov menyusul penuhnya beberapa TPU yang melayani pemakaman khusus protokol Covid-19. Saat dibuka, TPU ini diutamakan melayani pemakaman bagi jenazah Covid-19 yang ber-KTP DKI Jakarta.

"Diutamakan khusus jenazah Covid-19 yang ber-KTP DKI Jakarta terlebih dahulu karena kondisinya darurat mengingat keterbatasan lahan pemakaman Covid-19 di wilayah DKI Jakarta," kata Plt Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Kota Administrasi Jakarta Utara, Mila Ananda dalam keterangannya, dikutip Senin (29/3).

(yoa/ain/CNNIndonesia)

DKI Jakarta Viral Pemakaman Covid Rekor


Loading...