EURO 2020 : 11 Negara Sudah Dipastikan Lolos, Tim Favoritm Sudah Lolos ?

EURO 2020 : 11 Negara Sudah Dipastikan Lolos, Tim Favoritm Sudah Lolos ?
Detik
Editor: Malda Sport Style —Selasa, 22 Juni 2021 10:26 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak 11 tim atau negara memastikan diri lolos ke babak 16 besar EURO 2020 atau Piala Eropa 2020. Ini menyusul selesinya pertandingan ketiga di Grup B dan Grup C, Selasa (22/6/2021) dini hari.

Setelah Italia dan Wales mengamankan tiket 16 besar EURO 2020 sebelumnya, kini giliran 9 tim menusul setelah selesanya laga Grup B dan C.

Di Grup B, Belgia meraih masil sempurna dengan memastikan diri jadi juara grup usai mengalahkan Finlandia 2-0 di St. Petersburg.

Rumelu Lukaku (kanan) merayakan gol bersama Timnas Belgia saat menang 2-0 atas Finlandia di Grup B Piala Erop atau EURO 2020.
Rumelu Lukaku (kanan) merayakan gol bersama Timnas Belgia saat menang 2-0 atas Finlandia di Grup B Piala Erop atau EURO 2020. (AFP)

Sedangkan Denmark secara mengejutkan lolos sebagai runner-up Grup B, usai mengalahkan Rusia 4-1 di Kopenhagen. padahal di dua laga sebelumnya menelan kekelahan.

Di Grup C, Belanda yang sudah pasti lolos dengan menjadi juara grup menyempurnakan raihan hasil dengan menang 3-0 atas Makedonia Utara, yang telah dipastikan tersingkir, dalam laga di Amsterdam.

Laga yang lebih menegangkan terjadi di Budapest dengan Ukraina dan Austria, yang memperebutkan posisi sebagai runner-up Grup C.

Austria akhirnya sukses mendepak Ukraina dengan kemenangan 1-0.

Enam tim sekarang sudah memastikan diri lolos ke 16 besar dan sudah bisa menempatkan namanya di bagan fase knock-out EURO 2020.

Mereka adalah Italia, Wales, Belanda, Austria, Belgia, dan Denmark.

Dua pertandingan babak 16 besar bahkan juga sudah bisa ditentukan menyusul hasil-hasil pada Selasa.

Sebagai runner-up Grup A, Wales bertemu Denmark yang berstatus runner-up Grup B.

Sementara itu, Italia sebagai juara Grup A EURO 2020 bakal berhadapan dengan Austria yang menjadi runner-up Grup C.

Karena Austria yang lolos dari Grup C, Italia batal bertemu Ukraina yang diarsiteki mantan striker tertajam di Liga Italia, Andriy Shevchenko.

Belanda menunggu tim peringkat tiga terbaik yang bisa berasal dari Grup D, E, atau F.

Seperti tetangganya, Belgia juga menunggu tim peringkat tiga terbaik yang bisa datang dari Grup A (Swiss), D, E, atau F.

Swiss di Grup A, Republik Ceska dan Inggris di Grup D, Swedia di Grup E, dan Prancis di Grup F juga sudah lolos ke babak 16 besar menyusul hasil-hasil Grup B dan C.

Swiss dipastikan menjadi salah satu dari 4 peringkat 3 terbaik.

Tetapi, nama mereka belum bisa dimasukkan ke bagan fase knock-out karena posisi akhir Republik Ceska, Inggris, Swedia, dan Prancis di grup mereka belum diketahui.

Inggris-Prancis Lolos Tanpa Tanding

Hasil-hasil matchday terakhir di Grup B dan C EURO 2020 bukan hanya menghadirkan kepastian bagi tim-tim di kelompok tersebut.

Timnas Inggris, Republik Ceska, Swedia, Prancis, dan Swiss juga kecipratan berkah dipastikan lolos ke babak 16 besar.

Tanpa bermain di hari Selasa (22/6/2021), Inggris, Republik Ceska, Swedia, Prancis, dan Swiss sudah dipastikan akan tampil di babak 16 besar.

Hal itu bisa dipastikan karena Inggris, Republik Ceska, Swedia, dan Prancis sudah mengamankan 4 poin di grupnya masing-masing.

Dengan kondisi itu, kuartet negara ini paling jelek akan finis di peringkat 3 grup mereka.

Inggris akan jadi peringkat 3 Grup C kalau kalah dari Republik Ceska dan Skotlandia menang atas Kroasia dengan selisih gol yang cukup untuk melampaui Inggris.

Timnas Inggris tampil di Piala Eropa atau EURO 2020. Inggris memastikan diri lolos ke babak 16 Besar EURO 2020
Timnas Inggris tampil di Piala Eropa atau EURO 2020. Inggris memastikan diri lolos ke babak 16 Besar EURO 2020 (Twitter.com)

Republik Ceska akan jadi peringkat 3 Grup C kalau kalah dari Inggris dan Kroasia menang atas Skotlandia dengan selisih gol yang cukup untuk melampaui Republik Ceska.

Di Grup E, Swedia akan finis sebagai peringkat 3 kalau kalah dari Polandia atau jika pertandingan lain imbang dengan peringkat 1-3 Grup E akan ditentukan lewat head-to-head antara Swedia-Slovakia-Polandia.

Prancis di Grup F akan menjadi peringkat 3 jika kalah dari Portugal dan Hongaria menang atas Jerman dengan selisih gol yang melampaui Les Bleus.

Kalau menjadi peringkat 3 grup, rekor Inggris, Rep. Ceska, Swedia, dan Prancis sudah lebih bagus daripada peringkat 3 di Grup C (Ukraina) dan B (Finlandia) yang hanya mendapatkan 3 poin.

Kepastian Ukraina dan Finlandia hanya menjadi peringkat 3 grup dengan 3 poin sendiri didapatkan dari hasil-hasil Grup B dan C pada Senin (21/6/2021).

Klasemen peringkat tiga terbaik saat ini berisi konstelasi Swiss (4 poin), Portugal (3), Ukraina (3), Finlandia (3), Spanyol (2), dan Kroasia (1).

Swiss, Ukraina, dan Finlandia sudah menyelesaikan semua pertandingan.

Jika mendapatkan hasil terburuk, Inggris, Republik Ceska, Swedia, dan Prancis akan finis bermodalkan 4 poin dengan catatan hanya salah satu dari Inggris atau Ceska yang bisa menjadi peringkat 3 di grupnya.

Artinya, Inggris atau Ceska, Swedia, dan Prancis akan menggantikan posisi yang kini ditempati Portugal, Ukraina, dan Finlandia di klasemen peringkat 3 terbaik untuk lolos ke 16 besar bersama peringkat 3 Grup A, Swiss.

Swiss juga dipastikan lolos sebagai salah satu peringkat 3 terbaik berkat 4 poin yang sudah dikoleksinya.

Dengan demikian 11 tim sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar EURO 2020.

Daftar 11 Negara Lolos 16 Besar:

Italia

Wales

Swiss

Belgia

Denmark

Belanda

Austria

Inggris

Republik

Ceska

Swedia

Prancis

(Surya.co.id)


EURO 2020 Viral Italia Austria Denmark


Loading...