Bupati Lamandau Luncurkan Sejumlah Program Inovatif untuk Maksimalkan Pelayanan Pada Masyarakat

Bupati Lamandau Luncurkan Sejumlah Program Inovatif untuk Maksimalkan Pelayanan Pada Masyarakat
(Sindonews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 21 Juni 2021 12:14 WIB

Terasjabar.id - Pada kesempatan apel Hari Kesadaran Nasional, Bupati Lamandau Hendra Lesmana meluncurkan berbagai program inovatif di halaman Kantor Bupati Lamandau, Kamis (17/6/2021).

Berbagai program untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat tersebut, antara lain tagline Lamandau Bergerak Cepat (LBC) dan aplikasi Sistem Informasi Satpoldam Siaga (Si-Sapa), dan layanan kemasyarakatan lainnya.

Hendra mengatakan, logo 'Lamandau Bergerak Cepat' lahir dari pemikiran bahwa perlu adanya tagline dan logo branding yang diharapkan menjadi sebuah dorongan semangat bagi jalannya sistem multiproses roda pemerintahan di Kabupaten Lamandau secara keseluruhan.

"Tagline tidak hanya menyasar aparat pemerintahan, namun juga berbicara tentang partisipasi dan semangat masyarakat untuk membangun Kabupaten Lamandau dengan semangat bahaum bakuba (musyawarah mufakat)" ujarnya.

Program yang dicanangkan diharapkan dapat menggambarkan bagaimana semangat visi misi yang dinamis dan cenderung berakselerasi untuk mengejar ketertinggalan di berbagai bidang. Melalui program ini setiap tugas dan pekerjaan pemerintah dapat dilihat progres dan perkembangan yang terukur dan tepat sasaran, bersifat general dan tidak menonjolkan salah satu kelompok atau golongan.

"Aplikasi Si-Sapa ini diharapkan akan meningkatkan rasa kepuasan masyarakat terhadap Pemkab Lamandau melalui Satpoldam,” katanya.

Aplikasi Si-Sapa ini dengan demikian dapat memaksimalkan waktu dan proses pemberian informasi dan data, efisiensi dan kemudahan dalam koordinasi dan kerja sama bagi semua stakeholder, sehingga memudahkan peran serta partisipasi masyarakat untuk memberikan laporan dan informasi kepada organisasi.

Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini, kata Bupati Hendra, maka juga mengubah gaya hidup masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Akses informasi dan layanan yang cepat tentu telah menjadi satu kebutuhan pokok.

Selain meluncurkan aplikasi Si-Sapa, Pemkab Lamandau juga sudah membuat dan meluncurkan sejumlah aplikasi layanan kemasyarakatan, seperti Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Lamandau yang merupakan layanan penanganan darurat bencana; Publik Safety Center (PSC) 119 Lamandau Bergerak Cepat yang merupakan layanan kegawatdaruratan medis.

Ada pula Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD yang memberikan kemudahan masyarakat dalam layanan kesehatan. Melahirkan di RSUD Lamandau pulangnya bawa akta yang kini diperluas hingga ke tingkat Puskesmas, serta aplikasi pembayaran tagihan PDAM melalui SMS Banking Bank Kalteng. Peluncuran dihadiri segenap ASN di lingkup Pemkab Lamandau. 

Disadur dari Sindonews.com 

Apel Hari Kesadara Nasional Bupati Lumandau Program Inovatif


Loading...