29 Desa Miliki Potensi Tujuan Wisata Di Kawasan Hutan

29 Desa Miliki Potensi Tujuan Wisata Di Kawasan Hutan
Editor: Epenz Teras Kuningan —Jumat, 18 Juni 2021 09:53 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH. melakukan Penandatangan MoU bersama Adm. Perum Perhutani Kuningan, Mamun Mulyadi, S.Hut, tentang Sosialisasi Pengembangan Pariwisata dalam Kawasan Hutan di Dapur Boshweze, Desa Caracas, Kecamatan Cilimus, Kamis (17/06/2021).

Bupati Acep mengatakan, untuk pengembangan kepariwisataan Aset Milik Perum Perhutani yang berada di Kabupaten Kuningan ini, agar bisa dimanfaatkan dan dikelola sebagai pemberdayaan untuk menjadikan daerah tujuan wisata. Untuk memiliki daya tarik tentunya dibutuhkan penataan dengan target dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan sebagi pelestarian alam,” ungkapnya.

Menurut Acep saat ini ada 29 desa yang tersebar dibeberapa kecamatan, merupakan kawasan wisata potensial yang berada dikawasan perum perhutani untuk dikembangkan sebagai desa wisata. Dalam hal ini sinergitas dan peran lintas sektor dalam pembangunan daerah tujuan wisata dinilai penting.

Gambar

Dijelaskan bahwa, pengelolaannya melibatkan juga Lembaga Masyarakat Dalam Hutan (LMDH) karena memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam pengembangan kepariwisataan di setiap wilayah, terutama dalam menggerakan komponen masyarakat sekitar yang memiliki potensi wisata, sehingga mereka ikut berpartisipasi mewujudkan pesona wisata Kuningan yang wonderfull, melalui pola pengembangan pariwisata berbasis pemberdayaan masyarakat.

Nilai-nilai sapta pesona hendaknya tetap terjaga dan pengembangan SDM tidak kalah penting, inilah yang menjadi tantangan dalam mewujudkan Kuningan sebagai daerah tujuan wisata, infrastruktur, sarana, dan kebijakan yang fokus mengarah pada kepariwisataan,” ujar Acep.

Pembangunan industri wisata dalam membangun ekonomi kreatif di Kab. Kuningan, pengelolaannya dapat dilaksanakan dengan baik dan cepat, maka diperlukan kerjasama dengano berbagai pihak. Baik pemerintah, akademisi, pers, pihak swasta, maupun masyarakat, sebagai mitra yang bersama-sama menjaga komitmen, untuk mewujudkan sebuah agenda besar, bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan sektor kepariwisataan.

“Sehingga kita dapat bersama-sama meningkatkan kapasitas Kuningan sebagai daerah tujuan wisata yang kompetitif dan berdaya saing di Jawa Barat. Mari kita berdoa semoga wabah pandemi covid-19 segera berakhir,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Perum Perhutani Kuningan, Mamun Mulyadi, S.Hut menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang atas kerjasama ini. Semoga terus terjaga dan berkesinambungan serta menjaga komitmen bersama untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui percepatan pengembangan kepariwisataan.

(H Aboy)

Bupati Kuningan Kawasan Hutan Wisata Penandatanganan MoU Perum Perhutani Kuningan Pariwisata


Loading...