Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center Karangdadi Mendapat Kunjungan Direktur Perkim Kementerian Bappenas

Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center Karangdadi Mendapat Kunjungan Direktur Perkim Kementerian Bappenas
(Kementerian PPN/Bappenas : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 16 Juni 2021 14:59 WIB

Terasjabar.id - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima kunjungan kerja rombongan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) yang dipimpin Direktur Perumahan dan Permukiman (Perkim) Tri Dewi Virgi Anti. Rombongan diterima di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Centre Karangdadi, Desa Kusamba pada Selasa (15/6/2021).

Bupati Suwirta dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung merancang TOSS Centre sebagai tempat edukasi dan rekreasi. “Jika inovasi TOSS dapat dijadikan contoh atau di-ATM (Amati Tiru Modifikasi), maka kami mohon support, karena kami tidak dapat berjalan sendiri,” ujarnya.

TOSS Centre memiliki dua inovasi yang bertemu di hilir berupa Inovasi TOSS, dan di hulu berupa Inovasi Beli Mahal Jual Murah (Bima Juara). Hasil olahan dari TOSS berupa pupuk/kompos akan digunakan mendukung untuk pertanian organik. Sementara hasil pertanian organik akan disalurkan melalui inovasi Bima Juara, gabah dibeli di atas harga pasar oleh KUD, sementara beras akan dijual dibawah harga pasar.

Pemkab Klungkung sedang mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Puputan Sampah Plastik (Gema Tansaplast). Dari gerakan ini, sampah plastik yang terkumpul oleh masyarakat akan diarahkan untuk diolah di TOSS Centre, bekerja sama dengan APSI dan Koperasi.

"Pada saat pelaksanaannya Gema Tansaplas ini, kami akan kunci agar masyarakat tidak membuang sampah plastik ke lingkungan," ujar Bupati Suwirta.
TOSS Center Karangdadi Mendapat Kunjungan Direktur Perkim Kementerian Bappenas


Bupati Suwirta menambahkan bahwa untuk alat-alat pengelolaan sampah yang terdapat di TOSS Centre, Pemkab Klungkung hanya mengandalkan bantuan CSR, karena beberapa pengadaan melalui e-katalog tidak tersedia. Termasuk mural yang terdapat didinding luar TOSS Centre berasal dari CSR.

"Di TOSS Centre tidak hanya menjadi tempat mengolah sampah, tetapi di sini juga terdapat tempat pembibitan, kebun PKK yang terintegrasi dengan TOSS Centre," katanya.

Dia berharap kunjungan Kementerian PPN/Bappenas dapat memberikan semangat kepada jajaran dan masyarakat Klungkung untuk lebih meningkatkan apa yang sudah dilakukan.

Dewi Virgi Anti mengatakan bahwa tujuan kunjungan kementeriannya adalah untuk mendukung kebijakan pengelolaan sampah terpadu, serta mendukung peran serta pihak swasta dalam pengelolaan sampah. Terutama mengetahui praktek pengelolaan sampah terpadu di Kabupaten Klungkung. Sanu, perwakilan APSI Jakarta, menambahkan, Kabupaten Klungkung mempunyai potensi besar pengelolaan sampah, termasuk legalitasnya.

Turut hadir mendampingi Bupati Suwirta, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung I Ketut Suadnyana, serta undangan terkait lainnya.

Disadur dari Sindonews.com 

Bupati Klungkung Kunker Kementerisian PPN/Bappenas Perkim TOSS Centre Modifikasi


Loading...